sekda Aceh Selatan Pastikan Kesiapan Penyelenggara Pemilu

9.232 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID,  ACEH SELATAN – Sekdakab Aceh Selatan H, Nasjuddin, SH, MM. Menegaskan kesuksesan pelaksanaan pemilu merupakan tanggung jawab semua pihak, “penyelesaikan pelaksanaan Pemilu, bukan hanya dipikul oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan panwaslu namun juga tanggung jawab pemerintah Aceh, Pemerintah kabupaten/ kota, unsur legislatif, keamanan dan penegak hukum serta instansi vertikal dan seluruh komponen masyarakat,” Kata Nasjuddin, SH, MM, disela-sela kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS, di Alun – alun, Kamis (11/4/2019).

Dikatakannya, karna tanggung jawab itu maka pihaknya perlu memastikan bahwa kesiapan dalam menyongsong penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik. “Tahapan pemungutan dan perhitungan suara akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang mengingat tahapan pelaksanaan pemungutan suara yang sudah semakin dekat. Maka kita perlu memastikan bahwa kesiapan dalam menyongsong penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik.” Imbuhnya.

Sebelum kegiatan ini, lanjut Nasjuddin, sudah dilakukan Pemerintah Daerah dengan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Pemilu 2019, baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota.

“Tahapan-tahapan sudah kita bahas bersama sampai tingkat keamanan, agar bisa kita laksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan Pemilu yang akan kita laksanakan. Sementara, tujuan dari simulasi yang kita laksanakan hari ini adalah untuk memberikan edukasi dan juga gambaran langsung situasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) kepada masyarakat di waktu pemungutan suara pada tanggal 17 April mendatang, serta memastikan seluruh penyelenggara sudah sesuai aturan,” tuturnya.

Nasjuddin, berharap semua lapisan masyarakat dapat mendukung suksesnya penyelenggaraan tahapan Pemilu di Kabupaten Aceh Selatan khususnya dan umumnya secara Nasional secara damai, aman dan demokratis dengan mengedepankan prinsip-prinsip langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Kemudian, memberikan jaminan bagi masyarakat untuk memilih sesuai pilihannya serta bebas dari segala bentuk intimidasi, kekerasan dan berita hoax khususnya di Aceh Selatan,

Seluruh jajaran agar mengoptimalkan segala daya dan upaya untuk menyukseskan penyelenggaraan tahapan Pemilu sesuai dengan kewenangan dan tupoksi masing-masing dengan tetap menjaga Independensi dan profesionalitas pihak keamanan (TNI/POLRI) senantiasa bersama rakyat akan menjaga dan mengawal keamanan dengan tetap mengedepankan sikap preventif, netralitas serta profesionalitas dalam menghadapi berbagai persoalan yang terjadi dalam Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Aceh Selatan,” harapnya.

Oleh karena itu, kepada masyarakat, Nasjuddin mengajak, menghimbau untuk supaya datang ke TPS pada hari pemungutan suara nanti, jangan merasa terbelenggu, jangan merasa ketidaknyamanan di dalam pemberian suara nantinya.

Kemudian, Nasjuddin mengingatkan, dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2019 di harapkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), dan tenaga kontrak, Imum mukim serta perangkat-perangkat lainnya di gampong agar tetap menjaga netralitas serta tidak ikut serta dalam kegiatan – kegiatan Kampanye Pemilu. “Bagi yang melakukan pelanggaran tersebut akan dijatuhi hukuman atau sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undang,” jelas Sekda Nasjuddin.

Simulasi turut hadir, Ketua KIP Asel, Saiful Bismi, SE, Forkopimda, para Asisten, para Kabag, para SKPK, para PPK dan undangan lainnya.

Bagaimana Menurut Anda?