TMMD Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Di SMP 1 Kluet Tengah

5.014 dibaca
Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono didampingi Dandim 0107/ Asel, Letkol Inf R. Sulistiya Herlambang. HB secara simbolis memantau kesiapan

BUANAINDONESIA.CO.ID, ACEH SELATAN – Program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke- 104 Kodim 0107/Aceh Selatan, disamping pembukaan jalan, rumah layak huni dan sarana olah raga, juga melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan.

Hal ini dipaparkan Letda CHM Heri Fuji Kristanto (Dan SKK), di SMP 1 Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (19/3/2019).

Letda Heri memaparkan, suatu negara dikatakan kuat pertahanan negaranya apabila bangsa tersebut bersatu padu untuk selalu mempertahankan dan memperjuangkan serta melindungi hak – hak warga negaranya.

Kesadaran bela negara bukanlah bawaan sejak lahir, sehingga perlu ditumbuhkembangkan malui proses pembinaan kesadaran bela negara, dan dilaksanakan sejak usia dini hingga usia dewasa guna membangun karakter bangsa Indonesia yang cinta tanah air, rela berkorban demi negara dan bangsa, yakin Pancasila sebagai ideologi negara,” paparnya.

Pembinaan kesadaran bela negara lanjutnya, dilaksanakan pada lingkungan pendidikan, lingkungan pemukiman dan lingkungan pekerjaan.

Untuk mencapai tujuan serta sasaran, maka pembinaan kesadaran bela negara dilakukan secara simultan, terpadu dan menyeluruh serta berlanjut, selaras dengan sasaran pembangunan nasional baik secara psikis maupun secara fisik.

Kemudian, maksud dan tujuan bela negara, memberikan gambaran tentang hal – hal yang mendasar mengenai bela negara, dan membekali setiap warga negara Indonesia dengan nilai – nilai bela negara dalam rangka membentuk karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara sebagai prasyarat dalam membangun sistem pertahanan semesta,” bebernya.

Ia menambahkan, Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) berupa membangun jalan, membangun sarana olah raga, dan rumah. Di samping membangun,ada memberikan sosialisasi kepada siswa – siswi yakni mengajarkan disiplin serta latihan berbaris.

Lanjut Letda Heri, ada empat pilar kebangsaan bela negara dalam negara kita yaitu Pancasila, Undang – Undang Dasar 45, NKRI, serta Bhineka tunggal Ika.

Menyelenggarakan, menguatkan dan kesadaran untuk membangun pertahanan Nasional, serta ketahanan nasional itu mencapai ketahanan pangan, ketahanan kekuatan militernya, nasional dan ketahanan budaya,” ucapnya.

menyelenggarakan dan menguatkan kesadaran untuk membangun Indonesia salah satunya mencintai dan menguatkan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan sendiri, maksudnya untuk mengorbankan kepentingan pribadi untuk kepentingan negara dalam hal apa yang didasarkan bentuk negara kita

Meyakinkan dan mengamalkan kebenaran falsafah Pancasila artinya sebagai satu-satunya pedoman hidup bersama jadi walaupun kita punya bahasa masing-masing daerah, tetapi tetap bahasa nasional kita bahasa Indonesia,” katanya.

Letda Heri juga menyampaikan kegiatan dalam rangka TMMD ini ada pengarahan di sekolah SMP 1 Kluet Tengah yakni memberikan pengarahan wawasan kebangsaan pada anak – anak Didik, supaya anak didik kita yang ada di SMP Kluet Tengah ini mengerti dengan wawasan kebangsaan dan mengerti arti Pancasila.

Selain untuk pengarahan ini kita melaksanakan upacara yang sudah dilaksanakan hari kemarin senin, supaya kita tahu apa yang kekurangannya apa yang harus dibenahi untuk upacara di hari yang kedua ini. Kita melaksanakan PBB terus  yakni baris-berbaris tali temali supaya mereka mengenal untuk selama – lamanya.

Kemudian Letda Heri berharap agar anak didik sekolah Kluet Tengah harus disiplin, punya dedikasi yang bagus, ada semangat belajar yang sudah diberikan sama pak guru, bu guru dan bapak kepala sekolah ini, paling tidak ke depan keluar dari sekolah ini harapannya akan lebih bagus akan lebih maju pikirannya punya wawasan tidak seperti wawasan yang ada di kampung sini jadi kita bisa meninggalkan kawasan yang kurang -kurang pas hingga menjadi lebih baik kedepannya,” harap Letda Heri.

Bagaimana Menurut Anda?