Seluruh Kepala Desa Di Pulau Rimau Ikuti Bimtek, Ini Pesan Rayan Nurdiansyah

9.894 dilihat

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN,- Pemerintah Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin,Sumsel,menggelar Bimtek Sistem Keuangan Desa, (Siskuedes) APBDes Perubahan.

Peserta merupakan Desa-desa yang berasal dari dalam Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin, Sumsel,  Tahun anggaran 2022.

Advertisement

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Mess Pemkab Banyuasin, hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Rayan Nurdiansyah, SSTP. M. Si. Camat Pulau Rimau, Suratman. Ketua Forum Kepala Desa Pulau Rimau, Stafsus Bupati Banyuasin, Amirul.

Rayan Nurdiansyah berpesan kepada Kepala Desa, Sekdes dan Operator yang hadir untuk dapat bersinergi dengan semua pihak. “RPJMDES penting bagi Kepala Desa, sebab apa yang menjadi visi dan misi para Kepala Desa sebelum mencalonkan diri hingga menjadi Kepala Desa untuk dapat di tuangkan didalam RPJMDES tersebut, kemudian di realisasikan apa yang tertuang didalam RPJMDES tersebut.”Ucap, Rayan Nurdiansyah,SSTP. M. Si. Ketika dibincangi, Selasa. 27/9/22. Kemarin,

Dirinya menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan Desa dalam menginput perubahan APBDes sekaligus masuk dalam tahapan penyusunan RKPDes tahun 2022 menyongsong kegiatan tahun 2023.

“Bagi Desa yang belum menyampaikan RPJMDES untuk segera menyampaikan guna kita evaluasi sebab RPJMDES merupakan Pedoman dalam Pembangunan, Pemerintahan selama 6 tahun , apa-apa saja visi dan misi serta program mereka,”Ujarnya.

Jebolan STPDN ini mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini telah dilaksanakan oleh Kecamatan lain dan pihaknya sebagai narasumber siap memberikan masukan serta bimbingan kepada Desa-desa yang melaksanakan.

“Setelah Kecamatan Pulau Rimau ini kita belum tahu, sebab kita di undang, kalau kita di undang kita siap memberikan arahan, masukan dan bimbingan terhadap Desa-desa yang melaksanakan Bimtek ini, sebelumnya Kecamatan Tanjung lago, dan Rambutan, kita hanya di undang bila di undang kita siapkan Tim,”Katanya.

Rayan Nurdiansyah berpesan agar peserta Bimtek memanfaatkan materi yang diberikan oleh tim sehingga tidak berulang-ulang mereka mengerjakan baik itu perbaikan, maupun input data Siskuedes.

Sementara itu, Camat Pulau Rimau, Suratman. Ketika dibincangi usai membuka Bimtek  mengatakan Bimtek Siskuedes yang mereka gelar bertujuan perubahan APBDes tahun 2022, kemudian laporan realisasi, serta RPJMDES yang kiranya di rancang lebih cepat. “Harapan saya peserta dapat mengikuti kegiatan ini, jangan sampai kembali ke Desa kalau belum selesai, sebab jaringan di Pemkab Banyuasin ini bagus, sedangkan kalau kembali ke Desa jaringan tidak stabil maka saya berpesan agar dimanfaatkan sebaik mungkin kegiatan positif seperti ini,”tukasnya.

 

 

Advertisement