Masyarakat Antusias Sambut Program PT BOS

16.388 dilihat

BUANAINDONESIA, BANYUMAS – Masyarakat antusias menyambut pelaksanaan program PT BOS-Angon Raja Kaya di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

Antusiasme masyarakat terlihat saat digelar kegiatan Pelatihan Pemeliharaan dan Kesehatan Ternak Kambing/Domba yang diikuti masyarakat peternak Banyumas yang berhimpun di dalam Kelompok peternak Angon Raja Kaya, bertempat di rumah makan Agro Karang Penginyongan Desa Tumiyang Kecamatan Pekuncen Banyumas, Senin 31 Mei 2021.+

Advertisement

Pelatihan tersebut sukses berkat kerjasama yang baik antara DInas Peternakan Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, mitra investasi program PT Bersama Optimis Sukses (PT BOS), Penyedia sarana obat-obatan PT Medion dan Farm PT Gelora Bangun Bersama Banyumas sebagai lokasi praktek lapangan.

Dalam kegiatan dijelaskan hal-hal penting yang berkaitan dengan peternakan domba, diantaranya manajemen kandang, tata laksana pemeliharaan penggemukan domba, pemeliharaan Kesehatan, termasuk secara teknis aplikasi panduan pemotongan hewan.

Direktur PT BOS, Johar menyambut gembira respon masyarakat peternak di Kabupaten Banyumas yang sangat antusias. Johar optimis program usaha penggemukan domba memiliki prospek cerah ke depan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena domba memiliki potensi pasar yang sangat besar di Indonesia dan bahkan untuk ekspor ke negara-negara ASEAN dan Timur Tengah.

“Potensi pasar ekspor semakin terbuka, terutama di Timur Tengah yang saat ini memutus impor daging dari Australia,” kata Johar.

Sambung Johar hal lain yang menguntungkan bagi komunitas peternak, dalam program ini ternak domba adalah manajemen pengelolaan modern yang sudah tidak lagi mengharuskan mayarakat sebagai mitra untuk mencari rumput. Pakan domba sepenuhnya akan menggunakan pakan buatan, lengkap dengan obat-obatan dan vitamin.

Pelatihan ini dipandang penting, agar masyarakat peternak dapat memperoleh informasi tentang cara-cara beternak secara modern dan memperoleh bantuan permodalan untuk beternak domba.
Program ini juga direncanakan melibatkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas dengan pola Kerjasama penyediaan bibit domba yang dibiayai dari dana hibah.

“PT BOS menggandeng Baznas, karena kita nantinya akan membeli bibit dari jalur peternak yang dibiayai oleh Baznas,” terang Ajeng, Direktur Proyek PT BOS di lokasi kegiatan.

Ditambahkan, Kelompok peternak Angon Raja Kaya Banyumas yang diketuai Nurlela Diryat adalah pendiri kemitraan domba di daerah Banyumas dengan program Sepuluh Ribu kandang. Pembuatan kandang modern dan sistem pemberian pakan konsentrat dan serat kasar kering untuk merawat dan penggemukan domba selama tiga bulan.

Setiap mitra dalam program ini akan dibangunkan kandang dengan kapasitas 120 ekor domba. Target pembuatan kandang sebanyak 500 unit per bulan. Bibit atau bakalan domba masuk kandang dengan bobot 15 Kg – 17 Kg per ekor kemudian dipelihara oleh mitra selama 3 bulan dengan target berat minimal 30 Kg per ekor. Panen domba dipasarkan oleh pihak inti / Angon Raja Kaya.

“Alhamdulilah, semua sedang berproses dan kita sudah membangun komitmen dengan ratusan mitra di Banyumas.,” tutup Ajeng.

Advertisement