Kaban BPBD Banyuasin Ingatkan Warga Terhadap Cuaca Ekstrim

3.162 dibaca
Kaban BPBD Banyuasin Ingatkan Warga Terhadap Cuaca Ekstrim
Kepala BPBD Kabupaten Banyuasin Ir. Alfian. MM

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN- Kepala BPBD Kabupaten Banyuasin Ir. Alfian. MM memberikan himbauan ke masyarakat Banyuasin, untuk memutus mata rantai wabah covid-19. Serta meminta kepada masyarakat terutama masyarakat perairan untuk lebih meningkatkan kewaspadaaan saat melakukan aktivitas nelayan. karena kondisi saat ini cuaca tengah ekstrim

” Kita dari BPBD Kabupaten Banyuasin berharap masyarakat sadar akan wabah yang mengintai, seperti virus Covid-19, Penyakit Malaria, dan Wabah lainnya, hal tersebut bisa di tekan dengan kerjasama masyarakat Banyuasin, seperti menggunakan masker, berprilaku hidup sehat, untuk DBD masyarakat harus rutin membersihkan pekarangan rumah, jangan ada air yang mengendap, jalankan 3 M yang sudah terus di sosialisasikan, dan jangan sembarangan membuang sampah, bila itu terjadi maka akan terjadi musibah banjir bahkan mengundang wabah Penyakit DBD,”ucapnya. Senin, (11/1/21).

Advertisement

Dirinya kembali menegaskan, bagi masyarakat Banyuasin harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas di laut sebab saat ini cuaca tengah ekstrim angin berhembus kencang.

“Saya ingatkan warga yang beraktivitas nelayan hati-hati melaut, karena angin berhembus kuat disertai badai, jangan mendekati sarang buaya dan bila ada angin kencang segeralah cari tempat aman untuk menyelamatkan diri agar tidak menjadi korban puting beliung, jangan membakar lahan dan jangan meninggalkan rumah saat masih ada obat nyamuk yang hidup serta instalasi listrik yang tidak beraturan, sebab itu semua menyebabkan bencana, terakhir saya berpesan rutin membersihkan sampah agar tidak terjadi banjir, karena banjir disebabkan oleh sampah yang menyumbat saluran air,” tukasnya.

Untuk diketahui bahwa BMKG lewat situsnya mempostingkan peringatan dini kepada warga masyarakat di beberapa kabupaten dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan, diantaranya warga di kabupaten Banyuasin untuk Waspada akan potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi – sore hari.

” Peringatan Dini
Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi – sore hari di wilayah Banyuasin, Musi rawas, Musi Banyuasin, OKU Timur, Lahat, Palembang, Muara Eanim, Ogan Ilir, Lubuk Linggau, Empat Lawang, PALI, Prabumulih, OKI dan OKU.”

https//www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg

Bagaimana Menurut Anda?