Laporan Tahunan Baznas Muba Dinobatkan Terbaik 3 Se-Indonesia

986 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUBA- Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Musi Banyuasin terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Beberapa waktu lalu dengan inisiasi Bupati Muba Dodi Reza AlexNoerdin yang mengeluarkan Perda Zakat, Baznas Muba bisa lebih meningkatkan tupoksi untuk melayani warga Muba khususnya.

Tak pelak, hasil kerja keras untuk melayani masyarakat tersebut Baznas Muba akhirnya diganjar penghargaan tiga besar Kategori Baznas Kabupaten/Kota dengan Laporan Tahunan Terbaik dari Baznas Pusat yang diserahkan oleh Ketua Baznas Pusat, Prof Dr Bambang Sudibyo MBA CA dalam rangkaian Baznas Award 2019 bertema “Zakat Tumbuh Bermanfaat” di Jakarta, Senin (26/8/19).

“Alhamdulillah, berkat dukungan warga dan Pemkab Muba dan stakeholder terkait dan khususnya pak Bupati Muba Dodi Reza dalam implementasi Perda Zakat, Baznas Muba akhirnya diganjar penghargaan tiga besar Kategori Baznas Kabupaten/Kota dengan Laporan Tahunan Terbaik dari Baznas Pusat,” ungkap Ketua Baznas Muba, Lukmanul Hakim.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo berharap Baznas Award 2019 dapat memotivasi kinerja pengelolaan zakat di berbagai lini.

“Intinya mendorong motivasi kinerja pengelolaan zakat oleh semua kelembagaan zakat, tokoh pribadi dan pembangku kepentingan,” kata Bambang.

Ia mengatakan terdapat 34 kategori penghargaan oleh Baznas. Metode pemilihan penerima penghargaan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif ditambah dengan unsur pertimbangan lain yang meyakinkan sehingga lebih obyektif.

Tahun ini, dia mengatakan Baznas kembali menganugerahi penghargaan kepada jajarannya, lembaga amil zakat, tokoh, kepala daerah dan media yang konsisten dalam mendukung program-program kebangkitan zakat.

“Ini kami rangkai dalam Baznas Award agar semakin mendorong prestasi zakat nasional sehingga dapat memacu kebangkitan zakat di negeri ini,” kata dia.

Ia mengatakan Baznas Award diselenggarakan agar mampu memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan dunia perzakatan.

Bambang mengatakan penghargaan tersebut supaya juga mendorong optimalisasi dan profesionalitas pengelolaan zakat nasional serta mendorong kreatifitas dan inovasi kerja kebangkitan zakat nasional.

Award, kata dia, juga supaya mempererat tali silaturrahim antara Baznas dan LAZ, meningkatkan motivasi, kinerja amil dan organisasi pengelola zakat dalam pengentasan kemiskinan.

Bupati Muba Dodi Reza Alex mengucapkan selamat atas capaian prestasi yang diraih Baznas Muba. “Selamat kepada Baznas Muba dan terus berbuat untuk kebaikan masyarakat Muba,” ucapnya.

Dia mengatakan di Kabupaten Muba sendiri lembaga Baznas yang selama ini sangat memberikan sumbangsih positif dalam membantu kesulitan masyarakat Muba dengan program, antara lain Bantuan Bidang Pendidikan, Bantuan Modal Usaha, Bantuan Bidang Kegiatan Dakwah, Bantuan Bidang Kesehatan, Bantuan Bidang Kemanusiaan (bedah rumah, Santunan Fakir Miskin, Anak Yatim dan lainnya).

“Selain bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin, tentu saja juga demi membantu seluruh umat Islam yang ada di Muba untuk dapat menunaikan kewajibannya dalam membayar zakat, infaq dan bersedekah,” pungkasnya.

Bagaimana Menurut Anda?