Launching Pulauan Buah, Bupati Harap Masyarakat Tidak Lagi Beli Sayur

2.142 dibaca
Launching Pulauan Buah, Bupati Harap Masyarakat Tidak Lagi Beli Sayur

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN-Bupati Banyuasin melaunching Pulauan “bueh” (Buah) di Desa Suka Mulia, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin. Sumsel. Selasa. (17/11/20)

Dalam melaunching ini, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH, MH. didampingi Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet Soemosentono. SH, Sekda Kabupaten Banyuasin, Kepala DPHTP Kabupaten Banyuasin, Zainudin., Kadisbunnak Banyuasin, Edil Fitriadi. Serta pihak PT. Pusri, Zainun.

Advertisement

Kepala Dinas DPHTP mengatakan dalam launching  itu pemerintah memberikan bantuan bibit buah berupa alpukat varietas viki kepada Warga di Desa Suka Mulia.

“Kiat kita dari DPHTP ingin agar cita-cita Bupati Banyuasin ini berjalan dengan sukses, bila P2UKD meminta ke setiap pasangan yang mau menikah agar membeli bibit dahulu untuk ditanam di pekarangan rumah mereka, barulah melangsungkan pernikahan sehingga Banyuasin pulauan buah bisa terwujud,” Ucap. Zainudin Kepala Dinas DPHTP.

Dikatakan Zainudin, bibit pokat yang diberikan kepada masyarakat ini mempunyai beberapa keunggulan diantara tahan terhadap hama, cepat berbuah dan rasanya benar-benar pulen.

“Desa Suka Mulya dipilih karena kita melihat jumlah rumah tangga, kita punya 500 batang yang di anggarankan dan disini ada 250 Rumah tangga jadi pas 2 batang per rumah, Ini Buah pokat miki yang spesifikasinya tumbuhnya bisa di dataran rendah dan tinggi, tahan dari serangan Hama, dan lebih enak dari pokat mentega. Harapan saya bermanfaat untuk masyarakat, dipelihara sampai berbuah dan kalau bisa dijaga sampai anak cucunya,”katanya.

Sementara Bupati Banyuasin Askolani ketika dibincangi bahwa pihaknya terus melakukan beberapa program yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain program Banyuasin Pulauan Bueh dilakukan juga Gerakan Tanam Sayur (Gertas) menuju Desa Mandiri Pangan.

“Kita sampaikan ke masyarakat Banyuasin untuk mulai menanam sayur dan buah, bantuan bibit ini bentuk stimulan kepada mereka, dengan menggalakan menanam buah dan sayur salah satu kiat kita untuk para keluarga di Banyuasin untuk memenuhi nutrisi mereka, untuk Ibu PKK, Pemdes, dan Ibu-ibu majlis taklim bersama-samalah menanam sayur dan buah,” Ucapnya.

Kemudian lanjut Bupati, sedang dikembangkan juga perkawinan ayam arab dan ayam kampung, dimana hasil perkawinan ayam tersebut diharapkan bisa menghasilkan ayam yang bisa menghasilkan banyak telur.

“Cita-cita kita masyarakat tidak harus lagi beli sayur, buah dan telur tetapi bisa memanfaatkan rumah dan sekitar, hal ini kecil tapi manfaatnya besar buat masyarakat,”tandasnya

Bagaimana Menurut Anda?