Lepas Atlit Disabilitas, Wakil Bupati Banyuasin Berikan Semangat Banyuasin Bangkit

1.020 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN – Wakil Bupati Banyuasin. H. Selamet soemosentono, SH. Melepas 17 orang atlit Disabilitas ke Kabupaten Prabumulih dalam rangka mengikuti Kejuaraan Olahraga Pekan Pra Porprov ke -II

Pelepasan kontingen Banyuasin ini dilangsungkan di Rumah Dinas Bupati Banyuasin, dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Banyuasin, Kepala Dinas Sosial Alamsya Irianda. Asisten I H. Kosarudin, Ketua National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten Banyuasin, Ketua KONI Banyuasin, dan para atlit serta official,.

Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Banyuasin Merki bakri dalam laporannya menjelaskan. Tujuan diadakannya kegiatan itu  untuk meningkatkan prestasi Olahraga Banyuasin, “UU No 3 tahun 2005 tetang Olahraga Nasional dan Perbup Banyuasin no I, maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan prestasi Olahraga Banyuasin, memasyarakatkan Olahraga di Banyuasin, mempromosikan atlit Banyuasin diharapkan agar bisa memperkenalkan Kabupaten Banyuasin di daerah luar, ” Ucap. Merki bakri, dalam sambutanya. Rabu, 4/11/19.

Merki mengungkapkan, Banyuasin dalam Peparporprov mengirim enam Cabor dari delapan Cabor yang di pertandingkan, “Bulutangkis, Renang, Tenis meja, Catur, Voli duduk, Tolak peluru, dan Kontingen Banyuasin berjumlah 25 orang dari atlit hingga Pelatih dan Official, sumber dana berasal dari instansi yang tidak mengikat,” tukasnya.

Ketua NPCI, Kabupaten Banyuasin. Sudarmono, dalam sambutannya mengatakan meski perjalanan mereka agar bisa ikut bertanding terseok-seok, akhirnya bisa ikut bertanding karena dukungan dari Pemda Banyuasin. ‘Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada Pemda Banyuasin yang sudah mendukung kami, memperhatikan dan peduli dengan kami orang-orang Disabilitas yang memiliki kekurangan dalam berjuang mengharumkan nama Banyuasin di ajang olahraga, ” Ucapnya.

Sudarmono menambahkan, bahwa Wakil Bupati Banyuasin sudah mengatakan siap akan mengawal keberadaan NPCI di Kabupaten Banyuasin terutama mengenai dana untuk kegiatan NPCI. “Alhamdulillah 2020 kami merasa senang lagi, sebab bapak kita yang kita sayangi bapak Selamat akan mengawal dana pembinaan kita, (NPCI) agar kita bisa lebih dari ini dalam berpartisipasi di setiap event besar” Tukasnya.

Sementara itu. Wakil Bupati Banyuasin dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya salut atas semangat juang para pengurus kontingen Banyuasin demi membela Kabupaten Banyuasin. “Saya salut dengan semangat kalian luar biasa, kalian memotivasi kami yang berfisik normal ini, sebelum ini Ketua NPCI sudah menghadap saya untuk meminta dukungan, Alhamdulillah kita mendapatkan jalan sehingga bisa membantu kalian meski belum maksimal,” Ucapnya.

Selamet juga menegaskan, pihaknya mendorong Perda tentang pemberdayaan orang-orang yang memiliki kekurangan fisik agar dalam kehidupan sehari-hari bisa sama baik dimata hukum maupun sosial.

“Dulu waktu saya di Komisi V Sumsel, saya sudah menggagas Perda tentang Disabilitas ini, alhamdulillah Perdanya terbentuk, nah di Banyuasin saya minta perdanya juga terbentuk, kalau di Banyuasin belum ada itu ketinggalan banget rasanya, jadi saya minta Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga dan Kepala Dinas Sosial agar segera menjemput Perda ini sebagai payung hukum untuk anak cucu saya ini, ” Ujarnya.

H. Selamat juga menyinggung sedikitnya atlit Disabilitas yang ikut ke Prabumulih dalam ajang Peraporprov ke -2 tersebut.

“Banyuasin ini luas, 21 Kecamatan masak cuma ada 17 atlit, kalau bisa tahun depan ditambah lagilah menjadi seratus orang yang berangkat, maka dari itu saya minta Perdanya untuk di Banyuasin segera terbentuk agar kiprah anak cucu saya ini juga bisa diperhitungkan di mata daerah lain, sebab kita semua sama dimata tuhan yang maha kuasa,” imbuhnya.

Orang nomor dua yang akrab di sapa Pakde Slamet ini mengaku bahwa Banyuasin mendukung penuh kegiatan olahraga.

“Kita berharap kepada para atlit agar bekerja keras, kerja cerdas dan kerja iklhas serta tekad yang kuat sehingga medali emas yang kita inginkan bisa kalian dapatkan, bertandinglah dengan sportif jaga silaturahmi, jaga nama baik Kabupaten Banyuasin,” Tukasnya.

Bagaimana Menurut Anda?