Masyarakat Muara Enim Dukung Pernyataan HDMY Akan Stop Truk Batubara

2.276 dibaca
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru bersama istri (kiri) dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya bersama istri (kanan)
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru bersama istri (kiri) dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya bersama istri (kanan)

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUARA ENIM – Pernyataan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya (HDMY) yang baru saja dilantik oleh Presiden RI di Istana Negara beberapa hari lalu, mendapat apresiasi dari masyarakat Kabupaten Muara Enim, terkait akan menyetop truk angkutan batubara yang melintas di jalan umum.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Herman Deru dalam pidato perdananya dihadapan masyarakat Sumsel di Monpera Palembang, Selasa (02/09/2018) lalu, bahwa komitmennya pada masa kampanye akan menyetop ribuan truk angkutan batubara yang melintas di jalan umum dalam wilayah Sumatera Selatan.

Pernayataan tersebut mendapat respon positif dari anggota DPRD Muara Enim dari Fraksi PAN Faizal Anwar, SE yang juga merupakan calon anggota legislatif Propinsi Sumatera Selatan Dapil VI ini mengapresiasi komitmen dari pasangan gubernur terpilih untuk menyetop ribuaan angkutan batu bara yang melintas di jalan umum.

“Kita sangat menyambut baik apa yang telah ditegaskan oleh HDMY untuk menyetop angkutan batubara yang melintas di jalan umum, karena angkutan ini sangat meresahkan masyarakat,” tutur Faizal Anwar saat disambangi media ini, Rabu (03/09/2018).

Lebih lanjut, Faizal menegaskan, bahwa angkutan batubara ini merupakan momok terbesar yang dihadapi oleh masyarakat terkhusus Kabupaten Muara Enim, PALI dan kota Prabumulih. Dan truk angkutan batubara merupakan momok yang sangat menakutkan bagi masyarakat saat ini.

“Angkutan batubara ini sudah lama meresahkan masyarakat di tiga kabupaten kota yang dilintasi. Apalagi dampak negatif yang disebabkannya dari korban jiwa hingga menyebabkan penyakit bagi masyarakat,” ucap Faizal yang merupakan PH DPW PAN Sumsel ini.

Kemudiaan Faizal berharap program yang dijanjikan oleh HDMY pada masa kampanye lalu akan dapat dilaksanakan untuk masyarakat.

“Kita berharap janji dan program yang ditawarkan oleh HDMY agar dapat ditepati. Sehingga apa yang menjadi program kerjanya lima tahun kedepan benar-benar untuk Rakyat,” harapnya.

Senada dituturkan salah seorang tokoh masyarakat Desa Ujanmas Baru Kecamatan Ujamas yang juga Kepala Desa Nurman menyambut baik rencana penyetopan angkutan batubara melintas dijalan umumĀ  yang akan dilakukan oleh Gubernur baru.

“Kami mendukung penuh komitmen Gubernur baru kita HDMY dalam menyetop truk batubara melintas di jalan umum. Serta mengalihkannya ke jalan khusus truk batubara. Kami masyarakat Ujanmas Baru sangat merasakan dampak angkutan ini, dari korban jiwa yang ditimbulkan hingga macet yang setiap hari terjadi di desa kami,” harapnya. (Siswanto)

Bagaimana Menurut Anda?