Muara Enim Gelar Simulasi Penanganan Karhutla

1.751 dibaca
Muara Enim Gelar Simulasi Penanganan Karhutla

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUARA ENIM – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau tiba. Pemkab Muara Enim bersama Polres Muara Enim dan Kodim 0404 Muara Enim menggelat simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menghadapi musim kemarau 2020 ini, bertempat Lapangan Merdeka Muara Enim, Rabu (22/07/2020).

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH mengapresiasi simulasi yang diinisiasi oleh Polres Muara Enim dan dilakukan oleh tim gabungan ini. “Kita yakin dan optimis. Muara Enim akan mampu menghadapi dan mengatasi Karhutla yang mungkin terjadi pada musim kemarau tahun ini,” tutur Juarsah.

Advertisement

Dirinya berharap simulasi yang telah diperagakan ini dapat meminimalisir terjadinya Karhutla dan menghindari korban jiwa. “Untuk tim yang melaksanakan tugas di lapangan agar benar-benar menerapkan prosedur simulasi tersebut apabila terjadi kebakaran, khususnya diwilayah rawan Karhutla seperti di Kecamatan Sungai Rotan, Muara Belida, dan Gelumbang sehingga tim sudah siap mengatasi itu semua,” harapnya

Sementara itu, Kapolres Muara Enim, AKBP Donni Eka Syaputra SH SIK MM menghimbau kepada masyarakat diwilayah Kabupaten Muara Enim agar tidak melakukan pembakaran hutan.

Baca juga : Tiga Kelompok Tani Dibantu Mesin Panen PadiĀ 

Kapolres menjelaskan, banyak sekali kerugian yang ditimbulkan dari membuka lahan dengan cara dibakar, dan juga Kapolres menambahkan, jika masyarakat ingin pergi ke kebun atau memancing, untuk tidak membuang puntung rokok ke arah lahan yang kering. “Jangan sampai karena api rokok kita, bisa menimbulkan titik api atau hotspot di kabupaten kita,” tegas Kapolres.

 

Bagaimana Menurut Anda?