Peduli Anak, Pemkab Muara Enim Masuk Nominator Anugrah KPAI 2021

1.683 dibaca
Pose bersama seusai penerima penghargaan Nominator Anugrah KPAI 2021

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUARAENIM – Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas komitmen dan inovasi kepada stakeholder yang memiliki komitmen besar dan berkontribusi aktif terkait penyelenggaraan perlindungan anak, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menobatkan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam nominasi peraih penghargaan “Anugrah KPAI 2021”.

Advertisement

Penghargaan nominasi diserahkan secara virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting oleh Ketua KPAI Pusat Dr Susanto kepada Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH melalui Asisiten ll H Riswandar SH MM bersama Kabupaten Kota dan stakeholder lainnya, bertempat di Ruang Pangripta Nusantara Bappeda Pemkab Muara Enim, Kamis (22/07/2021).

Ketua KPAI Dr Susanto mengatakan, bahwa Anugerah KPAI Tahun 2021 sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas komitmen dan inovasi kepada stakeholder yang memiliki komitmen besar dan berkontribusi aktif terkait penyelenggaraan perlindungan anak.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M saat zoom meeting

Menurutnya, penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil evaluasi dan pengawasan KPAI atas tindak lanjut surat nomor 1612/Sekrt-KPAI/12/2020. Surat tersebut perihal monitoring dan evaluasi penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak anak di kementerian/lembaga, pemda provinsi, kabupaten/kota.

Pemkab Muara Enim sendiri telah menyampaikan capaian penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak anak berbasis aplikasi SIMEP Perlindungan Anak tahun 2021.

Suasana Zoom meeting Anugrah KPAI 2021

“Maka KPAI menetapkan Pemkab Muara Enim sebagai salah satu nominasi Anugerah KPAI tahun 2021 dengan kategori Pemerintah Daerah Kabupaten yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis aplikasi SIMEP Perlindungan Anak Tahun 2021,” kata Susanto.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar SH MM melalui Asisiten ll H Riswandar SH MM mengatakan, raihan prestasi ini merupakan tonggak sejarah bagi kabupaten Muara Enim dan selanjutnya dirinya berharap, Muara Enim bisa menjadi kabupaten yang lebih peduli terhadap anak.

Meskipun belum terpilih menjadi yang terbaik, namun masuknya Muara Enim sebagai salah satu nominator KPAI Award, bisa menjadi indikasi kinerja yang cukup memuaskan, dalam upaya perlindungan terhadap anak di wilayah kabupaten Muara Enim.

Suasana Zoom meeting Anugrah KPAI 2021 meeting Anugrah KPAI 2021

“Saya menghimbau dan mengajak seluruh instansi dan stakeholder terkait, agar kedepannya bisa semakin meningkatkan kinerja dan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam upaya melaksanakan tugas perlindungan terhadap anak,” ajaknya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Muara Enim Vivi Mariyani S Si M BMd APT mengungkapkan, Pemkab Muara Enim masuk dalam 21 Nominator dari 353 Kabupaten/Kota se-Indonesia peraih penghargaan KPAI Award 2021.

Dirinya menambahkan, untuk memperkuat kinerja perlindungan anak, Pemkab Muara Enim sudah menginisiasi pembentukan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) di bawah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPA) Muara Enim.

“Tahun ini juga, kami berupaya membentuk UPTD PPPA perlindungan perempuan dan anak dan telah mendapat persetujuan dari gubernur, tinggal penandatanganan pergubnya,” ungkap Vivi. (Siswanto/ Kominfo Pemkab Muara Enim)

Bagaimana Menurut Anda?