Tiga Rangkaian Colourful Muara Enim Festival 2019 Berlangsung Meriah dan Semarak

1.785 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim kembali menggelar rangkaian Colourful Muara Enim Festival 2019, kali ini ada tiga event besar yang dihelat yakni Festival Muara Enim Nyeruput 5000 Kopi, Festival Kesenian Tradisional Muara Enim dan Festival Funbike Merakyat Tahun 2019.

Kegiatan yang digelar dari 18-20 Oktober 2019 tersebut, dipusatkan di Halaman Taman Tugu Adipura berlangsung dengan meriah dan semarak. Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim H Juarsah SH secara resmi membuka tiga even festival dalam rangkaian Muara Enim Colourful Muara Enim Festival 2019 tersebut.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat menikmati kopi khas Muara Enim
Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat menikmati kopi khas Muara Enim

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Muara Enim kaya akan keindahan alam dan keaneka ragaman budaya. Salah satunya dari perkebunan kopi dan merupakan produk unggulan di Bumi Serasan Sekundang dengan cita rasa khas Bumi Tunggu Tubang Semende Muara Enim.

Juarsah berharap melalui Festival Nyeruput 5000 Kopi ini, bisa semakin mempopulerkan Kabupaten Muara Enim sebagai daerah penghasil kopi dengan citarasa terbaik khas Semende.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat melihat produk kemasan kopi khas Semende Muara Enim
Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat melihat produk kemasan kopi khas Semende Muara Enim

“Semoga melalui Festival ini, bukan hanya memperkenalkan produk khas Kabupaten Muara Enim berupa kopinya. Juga bisa menarik minat wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Tampak salah satu penampilan peserta pada ajang Festival Kesenian Tradisional
Tampak salah satu penampilan peserta pada ajang Festival Kesenian Tradisional

Selain itu, Juarsah mengajak masyarakat Muara Enim untuk bersama-sama memajukan kekayaan kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Muara Enim. Agar Kabupaten Muara Enim bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Sumatera Selatan bahkan Indonesia.

Juarsah juga mengucapkan terimka kasih atas terselenggaranya Festival Funbike Merakyat tahun 2019 ini. Dan merupakan bagian dari rangkaian Colorfull Muara Enim tahun 2019 dalam mencapai visi dan misi Muara Enim yakni Merakyat, Muara Enim untuk rakyat dalam mewujudkan perubahan untuk Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.

Plt Kadin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Muara Enim, Isdrin ST mengatakan, Festival Nyeruput 5000 Kopi, Festival Kesenian Tradisional Muara Enim dan Festival Funbike Merakyat Tahun 2019 adalah rangkaian Colourful Muara Enim Festival2019.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH beserta istri pose bersama seusai menyerahkan piala kepada para pemenang lomba
Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH beserta istri pose bersama seusai menyerahkan piala kepada para pemenang lomba

Tujuan diadakannya festival ini, kata Isdrin, selain memperkenalkan produk kopi sebagai produksi lokal Muara Enim juga bentuk upaya meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal, domestik dan asing untuk berkunjung ke Muara Enim.

“Kita ingin mengenalkan kopi Muara Enim ke tingkat Provinsi Sumsel dan Nasional dalam bentuk beberapa jenis lomba dan pameran. Selain minum kopi 5000 cangkir gratis juga ada lomba Barista Competition, workshop dan coffe talk, pameran kopi Sumsel, lomba photography coffe dan lomba kemasan produk kopi. Sedangkan Festival Kesenian Tradisional digelar lomba tari kreasi tradisional, lomba kompetisi videografi dan lomba fotografi,” kata dia.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH beserta istri saat melepas peserta lomba Funk Bike
Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH beserta istri saat melepas peserta lomba Funk Bike

Sementara itu, Ketua tim WASEV TMMD Muara Enim, Brigjend Amalsyah Tarmizi SIp yang menjadi tamu kehormatan mengatakan, bahwa di luar Muara Enim dan Sumsel, Kopi Semendo sudah sangat terkenal.

“Saya yakin selain kopi, seni budaya dan makanan khas Muara Enim juga sudah dikenal. Saya yakin Muara Enim akan makin maju dan terkenal dibawah pimpinan Plt Bupati H Juarsah SH,” harapnya.

Pose bersama
Pose bersama

Berdasarkan pantauan, saat Festival Muara Enim Nyeruput 5000 Kopi digelar juga lomba barista competition, workshop dan coffe talk, pameran kopi Sumsel, lomba photography coffe dan lomba kemasan produk kopi.

Sedangkan saat Festival Kesenian Tradisional digelar lomba tari kreasi tradisional, lomba kompetisi videografi dan lomba fotografi. Juga dihadirkan artis Ibu kota yakni Zian eks Vocalis Band Zigas dari Jakarta, serta pengundian Door prize sebanyak dua unit sepeda motor.

Saat Festival Funbike Merakyat Tahun 2019 tak kalah meriah dan semaraknya dengan rute diseputaran Taman Tugu Adipura. Panitia juga menyediak berbagai hadiah dan doorprice menarik. (Siswanto/ Humas dan Protokol Pemkab Muara Enim)

Bagaimana Menurut Anda?