Alex Noerdin : Minta Pejabat Jaga Etika ASN

3.164 dibaca
Alex Noerdin melantik para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Administrator dan Pengawasan (Eselon III dan IV) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel, di Graha Bina PrajaSumsel, Jum'at 2 Maret 2018.

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUMSEL- Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin resmi melantik para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Administrator dan Pengawasan (Eselon III dan IV) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel, di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov Sumsel, Jum’at 2 Maret 2018.

Pejabat yang dilantik dan diambil sumpah berjumlah 133 orang terdiri dari Eselon II 16 orang, Eselon III 33 orang, Eselon IV 83 orang dan 1 orang pejabat Fungsional Utama.

Alex Noerdin dalam arahannya menekankan kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel menjaga etika sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya pejabat yang baru dilantik agar menjaga etika masing-masing baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

“Menjaga etika pegawai negeri itu penting, jaga etika. Gak usalah main-main mengomentari orang di medsos itu, hati-hati kalau menghina mengutarakan yang tidak benar bisa di tuntut, hati-hati sekarang,” tegas Alex.

Alex menjelaskan, dirinya sangat tahu dan memahami bagaimana menjadi seorang ASN karena pernah menjadi pegawai negeri dari golongan paling bawah sampai menajadi yang tertinggi dengan prestasi dan kemampuan kompetensi sendiri.

“Jadi yang pertama bekerjalah dengan baik, selanjutnya etika, pegawai negeri itu harus punya etika, tidak boleh sembarangan melakukan hal-hal yang tidak pantas,” tambahnya.

Selain itu, Alex Noerdin juga menekankan kepada para pejabat untuk menjaga hubungan baik antar sesama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), melakukan kerjasama yang baik, dan mengayomi staf bawahan serta menjalin hubungan baik dengan kementerian masing-masing.

Menurutnya, untuk menarik dana APBN masuk ke daerah Sumsel harus menjaga hubungan baik dengan pemerintah pusat dan kementerian masing-masing. Alex memberikan contoh Kepala Dinas Pertanian sudah tiga tahun berturut-turut mendapatkan bantuan dana Rp.1 Triliun karena menunjukan prestasi yang baik, menjaga hubungan baik dengan Menteri dan para Dirjen.

“Jangan dimusuhi orang pusat, memangnya kita ini apa, kita memerlukan mereka untuk membantu kita, membantu dengan program dan biaya untuk membangun Sumatera Selatan,” ujarnya.

Alex menambahkan, menjadi seorang pegawai Pemerintah Provinsi Sumsel patut berbangga karena Sumsel saat ini sedang menuju ke Provinsi terbaik dan terdepan. Untuk itu, Alex berharap para pejabat dapat menjaga dengan baik amanah yang di emban.

“Saya merasa bangga dengan semua yang berdiri di sini karena kalian dilantik berkat keringat sendiri, dilantik karena kinerja sendiri bukan karena dekat dengan saya sebagai gubernur ataupun lainnya,” pungkasnya.