Biro PBJ Sumsel Gelar Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

3.247 dilihat

BUANAINDONESIA, SUMSEL- Biro Pengadaan Barang/ Jasa (PBJ) Setda Provinsi Sumatera Selatan, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) persiapan ujian sertifikasi tingkat dasar pengadaan barang dan jasa pemerintah, tanggal 6-7 April 2021 di Hotel Fave Palembang. Kegiatan diikuti 50 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemprov Sumsel.

Kepala Biro Pengadaan Barang/ Jasa Setda Provinsi Sumsel, Muzakkir, ST., MT mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengadakan sertifikasi dan pengembangan SDM di instansi Pemprov Sumsel.

Advertisement

“Kami mengadakan bimtek ini sebagai persiapan (pra ujian) para peserta, sehingga saat menghadapi ujian Sertifikasi bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan atau soal tes yang diberikan ” ujarnya.

Dilanjutkan, harapnya kegiatan ini bisa diikuti oleh semua peserta dengan baik, sehingga saat tes nantinya angka kelulusannya tinggi,”

Peserta Bimtek dari OPD dilingkungan Pemprov Sumsel. Selasa 6 April 2021

Sementara itu, Fahrurrozi, SIP., Kepala Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang/ Jasa Setda Pemprov Sumsel, mengatakan kelanjutan dari Bimtek ini pihaknya akan menggelar ujian di UIN Raden Fatah Palembang.

“Ujian nantinya dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) dengan menggandeng pihak Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sebagai penyelenggara ujian”, ungkapnya.

Masih kata Farurrozi, peserta yang lulus sertifikasi nantinya akan mendapatkan sertifikat yang berguna sebagai persyaratan menjadi pejabat pembuat komitmen dan pejabat pengadaan di lingkungan pemprov Sumsel.

“Sertifikasi ini sudah dilakukan sejak tahun 2008, dan setiap tahun akan diadakan, ” tegasnya.

Dijelaskan, biasanya angka kelulusan setiap tes ini diangka sekitar 5-10 pesen saja dari jumlah peserta disetiap tes yang dilakukan.

“tesnya online sistem CAT di lembaga yang di tunjuk LKPP, sehingga setelah peserta selesai mengisi soal, bisa langsung diketahui lulus tidaknya ujian, ” pungkasnya.

Advertisement