Bupati Banyuasin H.Askolani, Selain Resmikan Pasar Juga Berikan Modal ke Pedagang.

12.274 dilihat
Bupati Banyuasin H.Askolani, SH.MH Resmikan Pasar Baru Candi Lopo (BCL) di Desa Suka Damai KecamatanTanjung Lago, Selasa 29 Desember 2020

BUANAINDONESIA, BANYUASIN- Bupati Banyuasin H.Askolani, SH.MH  didamping Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banyuasin  Launching Pasar Bersih nyaman digital dan terintegrasi  diberi nama Pasar Baru Candi Lopo (BCL) di Desa Suka Damai  Kecamatan Tanjung Lago , Selasa 29 Desember 2020

Dikatakan,  pasar Tradisional  Modern  BCL ini mampu  menampung lebih kurang  200 pedagang.

Advertisement

“Dimasa pandemi COVID-19 meluncurkan “aplikasi bahtera”-Banyuasin Sejahtera, Inovasi PasBangkit, ini salah satu strategi Pemkab Banyuasin untuk meningkatkan perekeonomian,”kata Askolani. Selasa (29/12).

Masih Kata orang nomor satu di Banyuasin,  masyarakat dapat  belanja secara online yang bekerjasama antara Pemkab Banyuasin dengan BRI.

“Melalui aplikasi Bahtera dapat memesan  barang belanjaan,  bisa diantar kerumah,”ujarnya

Selain itu juga, meresmikan gedung TPS 3R, Pasimas, DAK Perumahan 2021 serta menyerahkan Bantuan Tenda Payung dan gerobak. Pemerintah Banyuasin juga memberikan bantuan kepada pedagang 2400 pedagang,

“Pemkab Banyuasin membantu Rp1juta perorang untuk modal,  ini untuk modal jangan digunakan untuk yang lain, kalau sudah untuk boleh untuk yang lain,”jelasnya.

Pencairannya  kerjasama dengan Bank  BRI, tanpa potongan. “Yang modalnya kurang, nanti bisa pinjam ke BRI, asal untuk berdagang dan putaran uangnya berada diwilayah Banyuasin,”

Selain itu, Askolani juga mengingatkan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, Memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir (3M).

Masih kata Askolani,  akan ada  penindakan kepada masyarakat jika melakukan kerumunan. Ketegasan ini berdasarkan Maklumat Kapolri nomor: Mak/4/XII/2020 tertanggal 23 Desember 2020 terkait penanganan pandemi COVID-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Banyuasin Erwin Ibrahim mengatakan 4 pasar yang diresmikan yaitu Pasar BCL, Pasar Saleh Agung, Pasar Prajen  dan Pasar Rakyat Keluang,.

“Hari ini penandatanganan empat prasasti  Pasar Pangkalan Balai di Cangkring ditunda peresmiannya karena belum siap,” ujarnya.

Dijelaskan,  ada 20 pasar yang tersebar di seluruh Kecamatan Kabupaten Banyuasin. dan ada kurang lebih  800-2000 pedagang.

“pemerintahan Kabupaten Banyuasin bekerja sama dengan pihak Bank BRI menyalurkan  bantuan kepada pedagang Super Mikro untuk mengembangkan usahanya,”pungkasnya.

Advertisement