Cina Berkomitmen Untuk Damai Selesaikan Perselisihan Laut Cina Selatan

3.534 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, JAKARTA- Cina berkomitmen untuk mencapai penyelesaian damai atas sengketa wilayah di Laut Cina Selatan dengan negara-negara ASEAN, Perdana Menteri Cina Li Keqiang mengatakan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Senin.

Berbicara pada konferensi pers bersama setelah pembicaraan bilateral di Istana Bogor, Jokowi dan Li menyoroti pentingnya memajukan kerja sama untuk mewujudkan perdamaian dan stabilitas di kawasan ini.

Dalam pernyataannya, Li mengatakan China berbagi komitmen yang sama dengan negara-negara Asia Tenggara untuk menjaga perdamaian di Laut Cina Selatan meskipun pandangannya berbeda.

“Bersama-sama (China dan ASEAN) akan menjaga perdamaian, stabilitas dan kebebasan navigasi selama penerbangan di Laut Cina Selatan,” kata Li.

Kunjungan perdana menteri Cina ke Jakarta menandai tahun kelima Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Cina, serta 15 tahun kemitraan strategis ASEAN-Cina.

Pertemuan itu diadakan di tengah meningkatnya kekhawatiran atas laporan tentang militerisasi China di daerah itu. Penyiar AS baru-baru ini mengklaim bahwa Cina memiliki rudal di pulau-pulau yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

Presiden Jokowi mengatakan dalam pernyataannya bahwa kemitraan Indonesia-Cina harus dapat berkontribusi pada perwujudan perdamaian dunia, stabilitas dan kemakmuran berdasarkan pada penghormatan terhadap hukum dan norma internasional.

Selama 50 tahun, ASEAN telah mampu berkontribusi secara signifikan terhadap perdamaian dan stabilitas di Asia Tenggara, kata Jokowi. “Prestasi seperti itu akan dipertahankan dan ditingkatkan oleh ASEAN,” tambahnya.

sumber: tigapilarnews.com