Dodi Reza : Kelapa Sawit Energi Terbarukan Masa Depan

5.183 dilihat
Ilustrasi - Foto : Internet

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUMSEL- Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, menjadi narasumber  Seminar Teknis Kelapa Sawit (STKS) di Hotel Aryaduta, Rabu 13 Februari 2019.
Orang nomor satu di Muba mengatakan Muba menjadi pilot project peremajaan atau replanting perkebunan kelapa sawit sejak 2017  diresmikan Presiden Joko Widodo. Total kebun sawit seluas 11,9 Juta ha. Sekitar 41 % atau 4,6 juta ha merupakan kebun sawit rakyat. Kebun sawit Rakyat yang dikelola oleh rakyat sekitar2,3 juta KK. Sekarang sudah berumur tua. Yakni lebih dari 25 Tahun.

Dikatakan, Pada tahun 2017 Muba berhasil meremajakan sawit rakyat seluas 7500 hektar , tahun 2019 bertambah 5000 hektar sehingga total  mencapai 12500 hektar.

“Sekarang dan kedepan Muba bergantung hidup pada perkebunan khususnya  perkebunan kelapa sawit, Pemerintah akan membuat terobosan-terobosan untuk memakmurkan petani,”ujarnya

“Muba nanti akan membuat  pabrik Sawit untuk menampung hasil petani sehingga bisa mempunyai nilai tambah,”ujarnya

Dilanjutkan, sawit bisa menghasilkan  Bio Solar hingga B100 dari replanting kelapa sawit, jadi kita tidak lagi berbicara B20, tapi sudah memikirkan energi terbarukan untuk kebutuhan masa depan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Sumsel, Sumarjono Saragih mengatakan upaya-upaya yang dilakukan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin untuk melawan proganda asing tentang mutu sawit Indonesia rendah

“Kami dari Gapki sangat mengapresiasi  yang telah dilakukan pak Bupati di Muba. Kelapa sawit sebagai komoditas perkebunan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” ujarnya.