Ini Bentuk Gerilya SPPI Agar Pelaku UMKM Dapat Akses Modal

13.559 dilihat

BUANAINDONESIA.CO.ID, CIANJUR – Ketua Serikat Pedagang Pasar Indonesia Jawa Barat terus melakukan gerilya ke berbagai daerah guna merealisasikan setiap koperasi SPPI. Koperasi SPPI diharap menjadi jawaban untuk para pelaku usaha kecil menengah, utamanya mereka yang ada di Jawa Barat untuk mengakses permodalan.

Ketua SPPI Jawa Barat, Witarsa Winata mengatakan, mimpi besar SPPI adalah membantu permodalan pelaku usaha UMKM tanpa agunan

Advertisement

“Koperasi simpan pinjam, visi nya kedepan bagaimana caranya bisa membantu permodalan UMKM tanpa ada agunan. Harapannya semoga bisa lebih membantu umkm yg kesulitan dalam permodalan, ” kata pria yang akrab disapa Wiwit ini.

Lanjutnya berbagai faktor ditengarai menjadi kendala mengapa pelaku UMKM sulit maju. Pertama, nilai ekonominya kurang kompetitif di pasaran. Kedua kapasitas produksinya masih kurang ditambah keterbatasan pemasaran.

” Masalah lain ialah masalah paling klasik, yaitu keterbatasan modal. Ini akibat UMKM dianggap tidak menarik oleh para pegiat perbankan. Selain itu, masalah yang kerapkali dihadapi para pelaku UMKM adalah  unbalanced program, di mana kredit usaha rakyat atau bansos untuk UMKM dikucurkan besar-besaran dari pemerintah. Tapi, produksi yang meningkat tidak diimbangi dengan pemasaran, ” paparnya.

Advertisement