Jokowi Akan Lantik Dewas KPK Pengganti Artidjo Alkostar hari ini

6.460 dilihat
Iluastrasi = Presiden Joko Widodo saat memberi keterangan pers terkait penanganan Covid-19, Foto : Internet

BUANAINDONESIA, JAKARTA- Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melantik anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) pengganti Artidjo Alkostar, kamis , 28 April 2021.

kandidatnya adalah Indriyanto Seno Adji. Seno pernah menjadi Plt Wakil Ketua KPK pada 2015.Seno akan dilantik bersama dengan Menteri Investasi, yang calonnya disebut adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia. Kemudian Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Kebudayaan (Mendikbud-Ristek), yang disebut Nadiem Makarim, serta Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang kandidatnya disebut Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko.

Advertisement

“Iya, 4 orang (pejabat dilantik ,” ujar sumber istana, seperti dilansir tempo.co. Selasa, 27 April 2021.

Artidjo Alkostar meninggal dunia pada Ahad, 28 Februari 2021. Mantan Anggota Dewan Pengawas KPK sekaligus mantan hakim agung itu wafat pada usia 72 tahun. Ia dimakamkan di Kompleks Pemakaman Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengangkatan Ketua dan Anggota Dewan Pengawas KPK, Presiden mengangkat anggota Dewan Pengawas pengganti antar waktu untuk meneruskan sisa masa jabatan anggota Dewan Pengawas yang digantikan.

“Ketentuan mengenai tata cara pengangkatan anggota Dewan Pengawas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 sampai dengan Pasal 10 berlaku secara mutatis mutandis sebagai ketentuan dalam pengangkatan calon anggota Dewan Pengawas pengganti antar waktu,” bunyi Pasal 15 ayat 3 PP tersebut.

Advertisement