Karena Nikel, Indonesia Bersiap Merajai Ekonomi

11.985 dilihat
Moely Wiranatakusumah

BUANAINDONESIA.CO.ID, JAKARTA -Nikel dapat menjadi produk tambang unggulan indonesia .Diantara pabrik olahan nikel, pabrik baterai terbesar di dunia, Sulawesi dapat menjadi contoh. Dengan ini, Indonesia Timur bersiap menjadi daerah terdepan di Indonesia.

Dikatakan Moely Wiranatakusumah, pengamat sosial dan budaya. Kata dia, keberadaan tambang nikel ini bisa membantu Indonesia bangkit dari keterpurkan ekenomi dunia akibat pandemi covid 19.

Advertisement

” Ada angin segar dengan trus meroketnya harga nikel dunia, ” kata Moely.

Masih kata dia, keterpurukan ekonomi yang dihadapi Indonesia, bisa saja menimbulkan berbagai masalah sosial. Namun jika pemerintah bisa jeli menangkap peluang dengan sumber daya yang dimiliki bangsa ini, gejolak sosial tidak akan terjadi.

“Misal, untuk kebutuhan batre dunia dan ada di indoensia pabrilnya. sumber daya alam nikel terbesar ada di indonesia timur, setidaknya bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi indonesia, ” jelas Moely.

Sementara itu, Irwan Hermanto, pengusaha nikel ore sekaligus pemilik perusahaan PT BOS menyebut, dirinya optimis Indonesia mampu merajai pasar nikel dunia.

” Tuhan telah berikan Indonesia sumber daya alam untuk bekal kita bersaing dikancah perekonomian dunia, ” ujarnya.

Advertisement