Ketua KPUD Banyuasin Katakan Hari ke-10 Baru Satu Parpol yang Daftar.

2.159 dilihat

BUANAINDONESIA, BANYUASIN- Komisi Pemilihan Umum Daerah KPUD Kabupaten Banyuasin membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Pemilu 2024, sejak 1 Mei 2023. Namun selama sepuluh hari, baru satu partai politik (Parpol) yang mendaftarkan bacalegnya.

“Hari ke-10 ini, baru satu parpol yang mendaftarkan calegnya yaitu Partai Keadilan Sejahtera,”Kata Ketua KPUD Banyuasin Nurul Mubarok, SE,M.Si. Saat diwawancarai di kantor KPUD Banyuasin. Jl. Thalib Wali No.01 Kelurahan Pangkalan Balai Kecamatan¬† Banyuasin III. Rabu 10 Mei 2023

Advertisement

Dikatakan, Ketua, sekretaris dan pengurus partai PKS menyerahkan berkas pendaftaran Pertama dihari yang ke-10 ini. Rabu 10 Mei 2023.

Dalam proses pengecekan, berkas yang diserahkan PKS baik secara fisik maupun dalam sistem aplikasi pencalonan (Silon) dinyatakan lengkap.

“Setelah kami cek, berkasnya sudah lengkap,” kata Ketua Nurul Mubarok

Orang nomor satu di KPUD Banyuasin menghimbau, kepada Ketua Parpol untuk menyerahkan berkas calegnya lebih awal

“Sebaiknya Ketua parpol menggunakan waktu diawal untuk mendaftarkan calegnya, kalau ada data bermasalah, bisa diperbaiki, sebelum limit waktunya, mengingat tidak ada perpanjangan masa pendaftaran caleg,”ujarnya.

Masih Kata Mubarok, KPUD Banyuasin akan menutup pendaftaran tanggal 14 Mei 2023. Pukul 23.59 WIB.

Ketua Bawaslu Banyuasin, Ibzani HS, S.Pd., M.Si mengatakan hari ke-10 baru satu parpol yang mendaftarkan calegnya ke KPUD Banyuasin.

“Kalau kita pantau tadi, KPUD Banyuasin cukup siap menerima pendaftaran peserta pemilu. Dihari ke-10 ini baru satu yaitu PKS,”ujarnya.

Dikatakan kalau Ketua parpol peserta Pemilu 2024 mendaftar diakhir, akan ada kendala, Dipastikan partai politik akan mengalami kesulitan mengunggah dokumen dalam aplikasi Silon.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Banyuasin, Darul Qutni, SE mengatakan Partai Demokrat sudah siap untuk mendaftarkan caleg ke KPUD Banyuasin. Tapi sekarang sedang menunggu instruksi dari Pusat.

“Setiap Dapil Partai Demokrat sudah cukup, sekarang ini lagi nunggu instruksi pusat,” pungkasnya. (Ward)

Advertisement