Lakukan Pelatihan UMKM Agar Masyarakatnya Memiliki Jiwa Wirausaha Yang Tinggi

3.876 dilihat

BUANAINDONESIA.CO.ID – GARUT – Guna meningkatkan perekonomian masyarakat, Desa Karyamukti Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut laksanakan Pelatihan Kelompok Usaha yang dikemas melalui UMKM pada hari Rabu (20 November 2019) bertempat di Aula GOR Desa karyamukti dan dihadiri langsung oleh Camat Kecamatan Cibatu Sardiman Tanjung beserta jajarannya, Kepala Desa Karyamukti Widya Heru Kartika SE beserta jajarannya, Keuis Hera Susanti (Dosen UNIGA Garut) yang juga sebagai pemateri, dan juga masyarakat/kelompok usahan Desa Karyamukti.

Dalam rangkaian kegiatan, Kepala Desa Karyamukti Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut memberikan simbolis serah terima alat pengolah KUE, alat pengolah Kopi, alat pengrajin bambu/kayu kepada masyarakat peserta pelatihan UMKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa karyamukti.

Kepala Desa Karyamukti Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, Widya Heru Kartika SE, mengatakan, melalui pelaksanaan pelatihan kewirausahaan diharapkan masyarakat Desa Karyamukti memiliki jiwa wirausaha dan mampu melihat peluang dan potensi yang ada di lingkungannya.

” Sesuai amanah permendagri yang mana salah satu prioritas penggunaan dana desa adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat, jadi kegiatan ini kami danai menggunakan anggaran desa tahun anggaran 2019 tahap 3″, jelasnya.

Masih kata Kades, berangkat dari keprihatinan yang mana banyak warga yang belum mendapatkan kesempatan kerja di usia produktif.

” Maka kami atas nama pemerintahan desa mendorong masyarakat untuk menunjukkan kemampuan dan potensinya masing masing dalam bentuk kelompok untuk kegiatan UMKM” , ungkapnya.

Oleh karenanya, kelompok UMKM yang telah diberikan pelatihan agar bisa berkembang dan berkreasi, dan ke 8 kelompok UMKM ini akan kami persiapkan untuk menunjang launching destinasi wisata silayung park.

” Mereka akan kami siapkan gerai gerai untuk menjajakan hasil kreasi dan jajanan kulinernya, harap Kades.