Maju Simanjuntak Katakan PPDB Tingkat SMP, Sudah Masuk Tahap II

13.617 dilihat
Kepala SMP Negeri 19 Palembang- Drs Maju Simanjuntak, M.Si.

BUANAINDONESIA, SUMSEL- Kepala SMP Negeri 19 Palembang- Drs Maju Simanjuntak, M.Si. mengatakan Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekarang ini sudah memasuki Jalur prestasi tahap II.

Tahun lalu, orang tua siswa calon peserta PPDB perlu datang ke sekolah tujuan untuk membawa berkas pendaftaran, sedangkan tahun ini 2021, pendaftaran dilakukan secara online

Advertisement

Dikatakan tujuannya untuk menghindari agar orang tua tidak berbondong-bondong datang ke sekolah sehingga menimbulkan kerumunan

Dijelaskan, PPDB dibagi menjadi empat bagian, yaitu: Pertama Jalur zonasi: Jalur pendaftaran bagi anak-anak yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan sebaran sekolah, data sebaran domisili calon peserta didik dan kapasitas daya tampung sekolah yang disesuaikan dengan ketersediaan jumlah anak usia sekolah pada setiap jenjang di daerah tersebut.

Kedua Jalur afirmasi, diperuntukan bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk mengakses pendidikan bermutu dan disubdisi pemerintah,

Selanjutnya, jalur pindah tugas orang tua dan anak guru, Kesempatan untuk anak-anak dari keluarga yang orangtuanya pindah tugas dan bagi anak guru yang ingin bersekolah di tempat orangtuanya bertugas.

Dan terakhir, Jalur prestasi untuk anak-anak yang telah menunjukkan prestasi akademik maupun prestasi non-akademik,

“Sekarang sedang test, jalur Prestasi akademik tahap II, dimulai dari tanggal 19-21 Mei,”kata Maju Simanjutak. Kamis (20/5)

Dikatakan, semua yang mengikuti test, wajib mematuhi protokol kesehatan, 3M. “Mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan,”tegasnya.

Selanjutnya, pengumuan hasil seleksi tahap II tanggal 25 Mei 2021 melalui PPDB Online. Daftar Ulang 27-28, masa pengenalan lingkungan sekolah, 12 -14 Juli sedangkan masuk sekolah tanggal 15 Juli 2021.

Advertisement