Paripurna V DPRD Palembang Sampaikan Rekomendasi LKPJ Wako Tahun 2021

13.294 dilihat
Unsur Pimpinan DPRD Kota Palembang dan Walikota Palembang. Senin 11 April 2022

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Kota) Palembang, Senin, 11 April 2022 Rapat Paripurna V Masa Persidangan (MP) I tahun 2022. Agenda Paripurna kali ini penyampaian rekomendasi DPRD Palembang terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Palembang tahun 2021.

Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Palembang, Adzanu Getar Nusantara dari Partai Gerindera, dihadiri Walikota Palembang, H Harnojoyo, Sekda Kota Palembang, Drs Ratu Dewa dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Palembang serta pejabat Forkopimda.

Wakil Ketua DPRD Palembang, Azhari Harris. S.I.Kom., M.M
Advertisement

Selain itu sebagian besar anggota DPRD Palembang hadir langsung dan sisanya hadir melalui virtual. Paripurna langsung dibuka dengan pembacaan rekomendasi dewan terhadap LKPJ Walikota tahun 2021. Rekomendasi dibacakan Wakil Ketua DPRD Palembang, Azhari Harris. S.I.Kom., M.M

Wakil Ketua DPRD Palembang Azhari Harris mengatakan, dewan menyampaikan 26 rekomendasi terhadap LKPJ Walikota tahun 2021. Sejumlah rekomendasi tersebut yakni meminta Walikota membuat langkah-langkah strategis terhadap dampak pandemi COVID-19.

Selanjutnya dewan meminta Wako segera merubah status beberapa pejabat yang masih plt menjadi definitive. Lalu dewan meminta Wako juga memaksimalkan peran limas.

Selain itu, meminta Walikota Palembang untuk melakukan pemuktahiran data warga miskin Kota Palembang karena berhubungan dengan ketepatan dan peruntukkan program bantuan sosial dan lainnya .

Politisi PAN berharap agar para OPD dapat membuat laporan program dengan format standar khususnya yang berhubungan skala prioritas dan program yang selama ini dinilai tak efektif diharapkan dapat dialihkan menjadi program yang efektif.

Pejabat Forkopimda

Dalam rekomendasi dewan juga meminta Pemkot Palembang segera mengurus sertifikat lahan milik atau aset Pemkot.Dalam kesempatan itu, DPRD Palembang juga mendesak agar Pemkot dapat bertindak tegas menyetop operasional Pasar yang tak memiliki izin.

Masih kata Harris, Pemkot juga diminta mengevaluasi dan memberikan perhatian kepada BUMD yang tak maksimal kinerjanya. Tak ketinggalan dewan juga meminta Pemkot Palembang memaksimalkan penanganan banjir yang diantaranya menyiapkan pompa dan normalisasi kolam retensi.

Harris menambahkan, soal rawa yang tidak boleh dialihkan fungsikan dan mengingatkan Wako agar dapat memperhatikan dan mengkaji banyaknya pengembang yang dalam membangun tidak memperhatikan sistem lingkungan diantaranya sistem drainase dan lainnya.

Walikota Palembang, H Harnojoyo, menanggapi rekomendasi. Senin 11 April 2022

Dalam rekomendasi, DPRD Palembang juga tak ketinggalan untuk mengingatkan Wako memperhatikan stok minyak goreng yang sedang jadi perhatian selama ini.

Sementara itu, Walikota Palembang, H Harnojoyo, akan menanggapi rekomendasi tersebut dan memberikan apresiasi terkait rekomendasi dewan terhadap LKPJ tahun 2021 dan siap menindaklanjuti semua rekomendasi yang disampaikan Dewan (ADV)

Advertisement