Banyak Tidak Datang, Paripurna DPRD Banyuasin Ditunda Hingga Tiga Hari. Ini Nama yang Tidak Hadir

6.679 dibaca
Ketua DPRD Banyuasin Irian Setyawan SH., MSi. (tengah) didampingi PLT Sekwan Sopian Permana (kiri) saat memberikan keterangan pada Wartawan seusai Paripurna Jum'at 12/07/19 (Poto Suprianto Buanaindonesia.com )
Ketua DPRD Banyuasin Irian Setyawan SH., MSi. (tengah) didampingi PLT Sekwan Sopian Permana (kiri) saat memberikan keterangan pada Wartawan seusai Paripurna Jum'at 12/07/19 (Poto Suprianto Buanaindonesia.com )

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN – Meski sempat molor dari jadwal, semula pukul 09:00 wib menjadi pukul 11:00 wib. Namun, jumlah Anggota Dewan yang hadir dalam rapat Paripurna  dengan agenda penyampaian laporan Pansus dan pengambil keputusan terhadap RaperdaTata ruang di Gedung DPRD Banyuasin. Jum’at (12/07/19) tidak juga korum.

Bahkan, telah dua kali disekor dari pukul 11:00 wib. Menjadi pukul 15:00 wib atau dilanjutkan selepas sholat Jum’at dan makan siang. namun, untuk korumnya rapat paripurna tidak juga terpenuhi. Hingga rapat kembali di gelar, selepas penundaan, namun Dari 45 jumlah Anggota Dewan kabupaten Banyuasin, yang hadir hanya 27 Anggota. Akibatnya rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Banyuasin, Iriawan setyawan . SH., MSi. Sukardi, SP. Dan H.M. Solih, Sag. Serta dihadiri lansung oleh Bupati Banyuasin, H. Askolani. SH. MH, kembali diskor, dan akan dilanjutkan pada hari Senin  15 Juli 2019 sekitar pukul 09:00 wib.

Ketua DPRD Banyuasin Iriawan setyawan . SH., MSi.  Pada wartawan menyampaikan penundaan rapat paripurna itu karena tidak korum.  Jumlah yang hadir hanya 27 orang. Sementara syarat harus memenuhi 20 per 3 atau 37 orang jumlah anggota DPRD yang hadir.

Ia menambahkan, banyaknya jumlah anggota yang tidak hadir tersebut dikarenakan banyaknya Anggota DPRD yang memiliki kegiatan lain. “Kebetulan hari ini, perlu wartawan ketahui kawan-kawan sedang mengikuti sidang di MK, sebab hari ini sidang perdana, jadi tidak bisa diwakilkan. sebab mengenai nasib mereka di MK itu, seperti Ahamad Zarkasi, Endang sari, dan Nopizar teguh yang berangkat ke MK,” Ujarnya.

Dikatakan lagi oleh Putra Kecamatan Sungsang ini, bahwa tidak ada motof laina dibalik ketidak hadirian Anggota Dewan. Ia mengatakan hubungan antara Legislatif dan Eksekutif di Banyuasin tetap harmonis. “Kehadiran mereka tidak ada kaitannya dengan hubungan Pemda Banyuasin, kita tetap harmonis, hanya kebetulan mereka sedang mengikuti sidang di MK, dan kegiatan lain, namun kami tadi tidak menyangka banyak juga yang hadir 27 orang, dan paripurna selanjutnya kita mulai senin ini,” tukasnya.

Sementara hasil pantauan di laman MKRI, pada Jum’at 12/09/19 ada tiga agenda sidang. namun, dari ketiganya bukan dari kabupaten Banyuasin

Poto Jadwal kegiatan di Laman MKRI. Jum’at 12 Juli 2019

Wakil Ketua DPRD Banyuasin, H. Muhamad solih, SSag. meminta kepada anggota DPRD Banyuasin untuk tepat waktu saat mengikuti sidang paripurna mendatang. “Saya minta kepada kawan-kawan semua, datanglah tepat waktu, jadi kalau datang tepat waktu sidang paripurna tidak tertunda, hari senin agar tidak terulang kembali,” singkatnya.

Berikut nama-nama Anggota DPRD Banyuasin yang tidak hadir.

Fraksi PAN
‌Heryadi. HM. Yusuf
‌Sriyatun. SP,
‌Yuan Ari Efendi
‌Ansori

Fraksi Hanura
‌Redho munir
‌Jamaludin
‌Irfan ilhami

Fraksi PKB
‌Ahmad Zarkasi
‌Emi Sumitra
‌Endang sari
‌Nopizar teguh

Fraksi Golkar
‌Herawati
‌Lili antaladewa

Fraksi Demokrat

‌A.A. Hari Afriansyah

Fraksi Nasdem
‌Budi Hartono

Fraksi Gerindra
‌Joko susilo

Fraksi PKS
‌Ilham hadi
‌Samsul rizal

Bagaimana Menurut Anda?