Maju Sebagai BPD Desa Lubuk lancang, Cek Visi dan Misi Yesi Oktari

17.668 dibaca
Yesi oktari calon BPD No urut 2
Yesi oktari calon BPD No urut 2

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN – Desa Lubuk lancang Kecamatan Suak tapeh, Kabupaten Banyuasin saat ini akan melaksanakan Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari itu, Yesi oktari mewakili kuota Perempuan di Desanya maju dalam bursa pemilihan BPD tersebut, pemilihan akan dilaksanakan selama 3 hari karena Desa Lubuk lancang mempunyai 3 Dusun.

“22-24 Juli ini kita akan melaksanakan Pemilihan BPD, dengan Calon 28 orang termasuk kuota perempuan 23 Terwakilan Dusun atau wilayah, dan 5 nya mewakili kuota perempuan, ” Ucap, Tabrani Ketua Panitia Pemilihan BPD Desa Lubuk lancang, Kecamatan Suak tapeh. Saat dibincangi, Sabtu 13/07/19.

Dirinya menambahkan, 21 Syarat yang diberikan kepada para calon yang memperebutkan kursi Ketua BPD Desa Lubuk lancang. “Ijazah SMA, Akta kelahiran, Keterangan kesehatan, SKCK, Pengadilan tinggi, ” ujarnya.

Dirinya mengatakan syarat calon BPD di Desanya sedikit berbeda dengan Desa lain yang sudah melaksanakan. “Kita tidak meminta syarat bahwa calon harus mempunyai pengalaman kerja di Swasta, justru yang kita cari pengalaman di Pemerintahan, entah honor di Kecamatan atau di Kantor Desa, dan kita juga tidak mempermasalahkan calon untuk kampanye, dari sekarang calon boleh kampanye sampai tanggal 18 Juli nanti, sebab waktu kita sudah mepet sekali”. tambahnya.

Sementara itu, Yesi oktari calon BPD No urut 2 ketika di bincangi mengaku maju sebagai BPD Desa Lubuk lancang bukan hanya memenuhi kuota perempuan saja namun dirinya mempunyai visi dan misi yang positif. “Visi saya dalam bursa pemilihan BPD Desa Lubuk lancang tahun ini, ingin Masyarakat Desa Lubuk lancang berdaya saing dengan Desa-desa lain yang ada di Kabupaten Banyuasin. bahkan, Kabupaten lain. serta, meningkatkan akhlak Masyarakat,” Ucapnya.

Dirinya menambahkan, masuknya dia di bursa pemilihan BPD Desa Lubuk lancang. juga ingin meningkatkan partisipasi perempuan didalam kegiatan Desa. “Saya ingin partisipasi perempuan didalam kegiatan Lembaga Desa Lubuk lancang meningkat, serta meningkatnya kesejahteraan Masyarakat. terutama, bagi kelompok masyarakat. seperti kelompok tani, kelompok kerajinan tangan dan kelompok tata boga (makanan),” ujarnya.

Masih dikatakan oleh Alumnus SMAN I Banyuasin III ini, dirinya bertekad maju sebagai BPD Desa Lubuk lancang, ingin kesejahteraan setiap keluarga di Desanya lebih merata. “Selain saya ingin meningkatkan partisipasi perempuan didalam kegiatan Desa, dan meningkatkan kesejahteraan, saya ingin usaha ekonomi kreatif di Desa saya lebih maju, seperti menggeliatkan kerajinan tangan, memajukan kuliner rumahan, dan kita sebagai perempuan akan mengoptimalkan potensi alam yang ada di Lubuk lancang ini sebagai olahan yang bisa menjadi ekonomi kreatif seperti produk contoh keripik singkong khas Desa Lubuk lancang, bubur ketan khas Desa Lubuk lancang akan kita pasarkan bahkan akan kita jadikan andalan ekonomi kreatif masyarakat, sehingga kesejahteraan ibu-ibu bisa terjamin ,” imbuhnya.

Ditegaskannya, selain meningkatkan kesejahteraan dan partisipasi perempuan dirinya ingin menjadi wakil perempuan didalam menyampaikan aspirasi perempuan. “Insyah Allah saya akan menjadi wakil perempuan dalam menyampaikan aspirasi mereka, agar apa yang mereka keluhkan bisa langsung didengar oleh Pemerintah Desa, dan saya akan menjadi Mitra Desa yang memajukan Desa selama saya menjabat sebagai BPD,” tukasnya.

Bagaimana Menurut Anda?