Lelang Lebak Lebung di Teluk Kijing I Menurun Drastis

3.904 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID,MUBA – Sebanyak 25 objek  lebak lebung yang berada di desa Teluk Kijing 1 dan desa Teluk Kijing 2 kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuaain (Muba) di lelang.

Harga objek lelang bervariasi ada yang turun, ada yang naik dan ada pula yang belum terjual, namun untuk hitungan keseluruhan pada tahun 2018 lelang lebak yang ada di dua desa tersebut mengalami penurunan yang cukup besar.

Dalam kesempatan itu, kepala desa Teluk Kijing 2 Margaretha meminta agar adanya kejelasan batas antara sungai yang dilelang dengan batas sawah masyarakat, sehingga tidak merugikan pemenang lelang

Sementara sekcam Lais Marsofi SKM MM mengatakan jumlah lebak lebung yang dilelang sebanyak 35 objek. Hal ini dilakukan guna menambah pendapatan baik desa setempat maupun pemerintah kabupaten Musi Banyuasin

“Sekarang sedang musim penghujan, mudah mudahan tahun depan ikan semakin banyak sehingga pemenang lelang dapat untung yang lumayan,” jelasnya

Sementara dalam sambutan kepala dinas PMD kabupaten Musi Banyuasin H Richard Chahyadi AP MSi melalui sekretaris dinas PMD Muba Agus Kurniawan SIP MM dalam sambutanya mengatakan lelang ini dilaksanakan sesuai dengan Perda Muba nomor 18 tahun 2005 tentang Lelang Lebak Lebung kabupaten Muba pasal 3 mengatur tentang kepanitiaan lelang.

Dan berdasarlan pasal 9 perda nomor 18 tahun 2005 bahwa hasil  lelang lebak lebung 100% disetor ke kas pemkab Muba dengan rincian pembagian dikembalikan ke desa/kelurahan sebesar 70% sedangkan 20% masuk ke kas pemerintah daerah yang merupakan sumbangan desa untuk pendapatan asli daerah, serta 10% untuk penanggung jawab dan pengawas lelang.

Selain itu, dirinya mengharapkan agar pengemin agar menjaga kebersihan perairan lebak lebung dan sungai serta menjamin kelancaran lalu lintas perairan atas sungai yang dilelang serta menerima bimbingan dan penyuluhan teknis dari pemkab Muba dan melaporkan hasil dan kegiatan dari pengolahan sungai secara berkala kepada dinas perikanan kabupaten Muba..

Hasil lelang tahun ini mengalami penurunan drastis diduga  dampak kemarau panjang yang melanda. Tahun 2017 jumlah pendapatan dari lelang sebesar 70juta rupiah dan tahun ini hanya 42juta rupiah dari 25 objek lelang yang terjual sebanyak 16 objek lelang.

Bagaimana Menurut Anda?