Lurah Seterio Sarankan Fogging, Dinkes Berikan Jawaban

7.958 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN,- Rusdi Lurah Seterio memberikan saran kepada pihak Kesehatan Kabupaten Banyuasin seperti UPT. Puskesmas Pangkalan balai dan Dinkes Banyuasin untuk melakukan fogging lebih rutin dan cepat sebelum jatuh korban, itu diutarakannya saat pertemuan antar lintas sektor di Kantor Camat Banyuasin III, Jumat. 29/03/19. Kemarin. akibatnya dari keterlambatan fogging tersebut bisa dijadikan bahan politik oleh para oknum Caleg untuk meraup simpati dari warga.

“Kami dari pihak Kelurahan Seterio mwmberikan saran kepada pihak Kesehatan, untuk dapat melakukan fogging secepat mungkin sebelum jatuh korban dari DBD tersebut, “ucap, Rusdi saat dibincangi. Sabtu, 30/03/19.

Dikatakannya lagi, Kelurahan Seterio pada 2019 sudah mengalami musibah DBD terhitung tujuh orang penderita nyamuk demam berdarah

“2019 Warga kita mengalami wabah demam berdarah, tujuh orang terkena dampaknya, nah dari itu kita minta agar sebelum terjadi pihak Kesehatan segera melakukan pencegahan, “ujarnya.

Dirinya menambahkan, dari wabah DBD yang diderita oleh warganya oknum caleg begerak memanfaatkan momen tersebut.

“Dari kejadian yang menimpa warga saya, oknum-oknum caleg masuk melakukan fogging, artinya momen DBD dijadikan bahan politik, dan pertanyaan kita kemana pihak yang berwenang”tukasnya.

Sementara, Sekdin Dinkes Banyuasin. Dr. Reni sahara, menanggapi saran dari Lurah Seterio, mengatakan bahwa fogging bukan senjata utama pembasmi nyamuk DBD namun yang lebih tepat dilakukan ialah PSN.

“Fogging bukan senjata utama untuk pencegahan DBD sebab Fogging hanya membunuh induk nyamuk saja, yang paling tepat dilakukan ialah dengan cara Pemusnahan Sarang Nyamuk (PSN) bukan dengan Fogging”ucapnya.

Dirinya berpesan kepada masyarakat Banyuasin, untuk berprilaku hidup sehat dan selalu melakukan pembersihan disekitar rumah.

“Pesan kami dari Dinkes Banyuasin untuk DBD yang paling tepat untuk pencegahannya, silahkan lakukan 3 M atau 3 M+ itulah cara utama mencegah bibit-bibit nyamuk berbahaya, kalau fogging kita ingatkan lagi itu bukan pencegahan namun hanya membunuh induk nyamuk dan bersifat sementara”tukasnya.

Bagaimana Menurut Anda?