Miliki Riwayat Bepergian, Satu Warga Muara Enim Dirujuk ke RSMH Palembang

1.156 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUARA ENIM – Satu pasien dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HM Rabain Muara Enim harus dirujuk ke Rumah Sakit Mohammad Husein (RSMH) Palembang. Lantaran diduga terpapar virus Corona atau Covid-19.

Sebelumnya yang bersangkutan memiliki riwayat bepergian dari daerah pandemi di Jakarta.

Juru Bicara Covid 19 Kabupaten Muara Enim, Panca Surya Diharta yang saat ini juga menjabat sebagai staf ahli kemasyarakatan dan SDM Pemkab Muara Enim ketika dikonfirmasi, Minggu (22/03/2020) mengatakan, yang bersangkutan masih berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari Kabupaten Muara Enim dan telah dirujuk ke RSMH Palembang.

“Pasien orang Muara Enim dan riwayatnya dia baru pulang dari wilayah pandemi di jakarta. Untuk jenis kelamin dan identitas pasien yang PDP tersebut tidak bisa kita katakan lebih mendalam lagi,” tutur Panca.

Khusus di Kabupaten Muara Enim, terang Panca, tercatat ada satu kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan lima orang lainnya dalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Untuk itu, lanjutnya, Panca menghimbau masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk tidak berpergian keluar terutama ke wilayah pandemi untuk menghindari agar tidak tertular virus corona.

“Dan siapapun yang baru pulang dari luar kota, terutama dari wilayah endemis, itu akan kita lakukan pemantauan, untuk mengantisipasi penularan virus corona,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki gejala virus corona untuk tidak takut atau dapat segera menghubungi petugas kesehatan agar dapat segera ditangani.

“Kita ada hotline service yang dapat di hubungi di 119 atau 0811785119, namun yang paling penting bagi masyarakat untuk tidak panik dan selalu menjaga kebersihan dan rutin cuci tangan, serta itu tadi tidak berpergian terutama kewilayah endemis,” pungkasnya.

Bagaimana Menurut Anda?