PTBA Tanam 2020 Bibit Pohon Kayu Putih di Lahan Eks Tambang

2.142 dibaca
Dirut PTBA Tbk Arviyan Arifin beserta jajaran direksi lainnya pose bersama saat penanaman pohon kayu putih
Dirut PTBA Tbk Arviyan Arifin beserta jajaran direksi lainnya pose bersama saat penanaman pohon kayu putih

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUARA ENIM – Dalam rangka memperingati dan menyemarakan Hari Ulang (HUT) Ke-39, PT Bukit Asam Tbk melakukan kegiatan penanaman pohon kayu putih di Iahan pasca tambang BackfI/ling Pit 3 Banko Barat, Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim.

Sebanyak 2020 pohon Kayu Putih ditanam dalam kegiatan tersebut. Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arviyan Arifin didampingi jajaran direksi lainnya secara simbolis melakukan penanaman pohon kayu putih, Selasa (11/02/2020).

Advertisement

Kegiatan ini melibatkan Komunitas Tanjung Enim Bersih, ratusan peserta dari karyawan Bukit Asam, jajaran pemerintah Kabupaten Muara Enim, hingga para siswa di Tanjung Enim.

Melalui kegiatan Penanaman 2020 Pohon Kayu Putih ini, Bukit Asam mengajak masyarakat untuk terus menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon.

Selain itu, melalui kegiatan ini, Bukit Asam juga mengenalkan secara Iangsung kepada masyarakat cara yang ditempuh oleh perusahaan dalam upayanya untuk menjaga lingkungan dengan mengembalikan fungsi Iahan pasca tambang dengan penanaman pohon.

“Sesuai dengan komitmen dan visi perusahaan, seluruh Iahan pasca tambang pasti akan kami kembalnkan fungsinya seperti sedla kala. Kami akan terus berupaya dan terus berkomitmen untuk menjaga alam,” tutur Dirut PTBA Arviyan Arifin didampingi Sekretaris Perusahaan (Sekper), Hadis Surya Palapa.

Bukit Asam telah lama membudayakan pohon Kayu Putih pada Iahan pasca tambangnya. Dipilihnya Pohon Kayu Putih ini, terang Arviyan, bukan tanpa sebab. Pohon kayu putih dinilai memiliki ketangguhan dibanding dengan pohon lainnya, karena pohon kayu putih dapat bertahan pada tempat dan Iahan yang kering dan tandus. Pohon kayu putih juga tahan terhadap panas, sehingga jlka pohon kayu putih terbakar, dia dapat tumbuh kembali.

“Selain ketahanan pohon itu sendiri, kayu putih juga memiliki manfaat Iain. Melalui penanaman ribuan pohon kayu putih ini. dlharapkan nantlnya Bukit Asam dapat berkontribusi untuk masyarakat dengan melakukan pemberdayaan dalam pengolahan Pohon Kayu Putih menjadi minyak kayu putih,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim H Juarsah SH melalui Camat Lawang Kidul Drs Rachmat Noviar mengapresiasi atas program penanaman pohon kayu putih di lahan eks tambang oleh PTBA Tbk.

“Semoga dengan program ini, selain bisa menjaga lingkungan dari kerusakan serta debu dan polusi. Juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui budidaya pohon kayu putih yang bisa diolah menjadi minyak kayu putih,” ucap Rachmat dalam sambutannya.

Bagaimana Menurut Anda?