Ruang Belajar Kurang, MTSN 1 Muara Enim Batasi Penerimaan Siswa Baru

2.758 dibaca
Tampak proses seleksi penerimaan siswa baru di MTs Negeri 1 Muara Enim

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUARA ENIM – Lantaran keterbatasan ruang belajar, membuat MTs Negeri I Muara Enim membatasi jumlah siswa yang akan diterima pada tahun ajaran 2019/2020.

Untuk tahun ajaran baru ini, MTS N 1 Muara Enim hanya mampu menerima siswa-siswi sebanyak 200 siswa-siswi terdiri dari enam kelas rombel dan dua kelas dari jalur Penelusuran Minat dan Prestasi Akademik (PMPA). Direncanakan satu rombel kelas berisi 36 siswa-siswi.

“Alhamdulillah, antusias orang tua untuk memasukan anaknya ke Madrasah ini sangat banyak. Namun kendala yang dihadapi terbatasnya sarana ruangan, kita hanya miliki enam lokal belajar.Jadi tidak semuanya bisa diterima,” tutur Kepala MTs Negeri I Muara Enim Muslim Ansori S Ag, Rabu (15/05/2019).

Muslim berharap, mudah-mudahan permasalahan ini kedepan bisa teratasi dengan penambahan lahan atau bangunan kelas, baik bantuan dari Kementerian Agama maupun pemerintah setempat sehingga bisa menampung siswa lebih banyak lagi.

“Terima kasih kepada masyarakat yang sudah mempercayakan anaknya untuk bersekolah di MTs Negeri I Muara Enim,” ucap Muslim.

Sementata itu, Ketua pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 1 Muara Enim Hj Semawati S Pd I menjelaskan, bahwa PPDB MTs Negeri I Muara Enim melalui dua jalur yakni jalur undangan prestasi Penelusuran Minat dan Prestasi Akademik (PMPA) dan jalur PPDB.

Jumlah peserta yang ingin mengikuti tes masuk, terang Semawati, sebanyak 316 orang. Namun, kita hanya menerima 200 orang siswa.

“Kelulusan pun sangat selektif. Mulai dari test mengaji, tes akademik dan tes administrasi raport. Bagi siswa yang nilainya baik mudah-mudahan diterima,” pungkasnya.

Bagaimana Menurut Anda?