TMMD Ke-106 di Kecamatan Lubai Muara Enim Resmi Digelar

1.054 dibaca
Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi Plh Kasrem 044 Tapi Kolonel Inf ImM Priharso saat meninjau lokasi TMMD Ke-106

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUARA ENIM – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke – 106 di Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim secara resmi dibuka, bertempat di Lapangan SMP Negeri 1 Desa Beringin Kecamatan Lubai Muara Enim, Rabu (02/10/2019).

Hadir pada kesempatan itu, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH, Kepala Staf Korem (Plh Kasrem) 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Imam Priharso SH MH, Pejabat Rindam ll Sriwijya Letkol Inf Rustanto Eko Susilo, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Safruddin serta Forkominda dan tamu undangan lainnya.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-106 merupakan program Operasi Bhakti TNI yang bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam pelaksanaan kegiatan bantuan kemanusiaan dan bakti sosial kemasyarakatan. Untuk menciptakan kondusif bagi terwujudnya keamanan dalam negeri serta kesejahteraan masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa, program TMMD ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah sasaran prioritas,” terangnya.

Kegiatan, lanjutnya, sasaran yang dipilih berdasarkan skala prioritas diteliti dan dipadukan dengan program Pemerintah Daerah, dibahas dengan DPRD untuk disahkan menjadi program Pembangunan Daerah yang dimuat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 3,5 Milyar.

“Program ini juga sekaligus untuk menumbuh kembangkan semangat kegotong royongan, persatuan dan kasatuan serta memantapkan wawasan kebangsaan bagi masyarakat dalam menjaga tetap tegaknya kedaulatan Negara Kasatuan Republik Indonesia,” ucap Juarsah.

Juarsah menjelaskan, program TMMD secara terpadu memasukkan dua program yang meliputi program Pembangunan fisik dan non fisik.

Program pembangunan fisik berupa pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial serta pembangunan lingkungan pemukiman masyarakat di lokasi sasaran. Sedangkan program non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat yang diselaraskan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat saat ini.

“Saya menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat terutama BUMN, BUMD dan BUMS dalam wilayah Kabupaten Muara Enim untuk berpartisipasi dan memberikan dukungan dan bantuan baik berupa dana, peralatan maupun material Iainnya. Sehingga harapan kita bersama untuk mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Muara Enim Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, sejahtera tercapai,” himbaunya.

Bagaimana Menurut Anda?