Undang Inspektorat, Camat Banyuasin III Laksanakan Monev ke-5 Kelurahan

2.652 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN – Dengan mengundang inspektotat dan Bidang Administrasi Pembangunan,  Camat Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumsel. melakukan monev (Monitoring & Evaluasi) pembangunan di lima Kelurahan dalam Kecamatan Banyuasin III, selain mengajak dua instansi terkait, Kecamatan Banyuasin III juga mengundang perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan perwakilan Insan pers, untuk tujuan, transparan dalam menilai hasil pembangunan yang dilaksanakan oleh kelima Lurah tersebut,

“Kita hari ini melaksanakan monev pembangunan yang di laksanakan oleh kelima Lurah kita, Alhamdulillah Irban I hadir melakukan kroscek pembangunan yang dilaksanakan oleh kelima Lurah saya,” Ucap. Dra Yuni Khairani, M. Si. Rabu, 15/07/20.

Advertisement

Selain mengundang Inspektorat dan Adpem, sambung Yuni, dalam melakukan monev itu, Pihak Kecamatan juga mengajak rekan-rekan dari lembaga serta insan pers selaku Kontrol sosial . “Tidak hanya menyurati Instansi terkait, kita juga mengajak kawan-kawan lembaga dan wartawan dalam kegiatan ini, hal ini kita lakukan agar apa yang dilakukan bisa mendapatkan sumbang saran, dan kritik membangun yang Insyah Allah bisa menjadi bahan evaluasi kami, terima kasih saran dan kritik dari kawan-kawan lembaga yang sudah menemani kami hari ini,” Ujarnya.

Sementara, Rio habibi Irban I Inspektorat Kabupaten Banyuasin, ketika dibincangi usai melakukan monev, mengaku bahwa pihaknya memenuhi undangan dari pihak Kecamatan dalam melakukan monitoring hasil pembangunan di lima Kelurahan.

“Kita di undang oleh pihak Kecamatan untuk dapat melakukan monev pembangunan di lima Kelurahan, setelah kita kroscek ada dua Kelurahan yang saat ini secara visual hasil pembangunannya kurang memuaskan, seperti Kelurahan Kayu ara kuning membangun posyandu namun catnya masih tipis, dan Kelurahan Mulia agung membangun Siring namun kondisinya sudah ada yang retak di bagian lantai, namun saat ini kita hanya sebatas melihat hasil RAB, untuk penindakan tim audit nantinya, sebab kalau kita hari ini hanya visualnya saja, ” tegasnya.

Terpisah, Ketua JPKP Kabupaten Banyuasin. Indo sapri, ketika diminta pendapatnya mengatakan apa yang dilaksanakan oleh Kecamatan Banyuasin III sudah cukup baik untuk menjadi contoh bagi Kecamatan lain.

“Ini langkah baik yang dilakukan oleh Kecamatan Banyuasin III, mereka monev melibatkan lembaga sosial control, dan jurnalis sebagai wujud keterbukaan publik, transparan terhadap kinerja mereka, namun kita menyoroti dua Kelurahan yang membangun namun kita nilai belum sesuai hasilnya, seperti Kelurahan Kayu ara kuning dan Mulya agung, kita minta agar kedua Lurah tersebut dapat memperbaiki kekurangan dari apa yang mereka bangunkan tersebut sebab dana yang digunakan berasal dari APBN,” Ucapnya.

Senada dikatakan, Husni thamrin. Ketua LSM Markus Sumsel, bahwa giat yang digelar oleh Kecamatan Banyuasin III sebagai bentuk dukungan terhadap Banyuasin terbuka “”Program Bupati Banyuasin saya rasa dapat terwujud bila pihak-pihak terkait yang membantunya ikut merealisasikan, saat ini kita apresiasi sekali undangan dari Camat Banyuasin III ini , sebab setahu saya baru kali ini lembaga di libatkan langsung untuk melihat hasil pembangunan dan diminta untuk memberikan saran dan kritik membangunnya, kita berharap gerakan Camat Banyuasin III ini turut didukung juga oleh Lurah dan Kepala Desa di Banyuasin III ini yang terbuka dan membangun infrastruktur uang negara secara profesional,” tukasnya.

Bagaimana Menurut Anda?