Pemkab Muara Enim Bersama Pemkab Kaur Sepakati Bangun Jalan Tembus

969 dibaca
Poto Serah terima plakat antara Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH (kiri) dengan Bupati Kaur Gusril Pausi S Sos MAP, (kanan) dalam acara penandatanganan Nota Kesepemahaman Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Muara Enim dengan Bupati Kaur, dalam rangka membuat jalan tembus baru Rabu (15/07/2020).
Serah terima plakat antara Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH (kiri) dengan Bupati Kaur Gusril Pausi S Sos MAP, (kanan) dalam acara penandatanganan Nota Kesepemahaman Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Muara Enim dengan Bupati Kaur, dalam rangka membuat jalan tembus baru Rabu (15/07/2020).

BUANAINDONESIA.CO.DI, MUARA ENIM -Pemerintah kabupaten (Pemkab) Muara Enim bersama Pemerintah kabupaten Kaur melakukan kesepakatan bersama untuk membangun Jalan Tembus antara kedua daerah itu.

Kesepakatan bersama untuk membangun jalan tembus dari bumi Serasan Sekunda menuju kabupaten Kaur itu dituangkan dalam Nota Kesepemahaman Memorandum of Understanding (MoU) dan perjanjian kerjasama antara Pemkab Muara Enim

Serah terima plakat antara
Serah terima plakat antara Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH (kiri) dengan Bupati Kaur Gusril Pausi S Sos MAP, (kanan) dalam acara
Nota Kesepemahaman Memorandum of Understanding (MoU) dan perjanjian kerjasama antara Pemkab Muara Enim
bertempat di Rumah Dinas Bupati Kaur, Rabu (15/07/2020).
Advertisement

dengan Pemkab Kaur ditanda tangani langsung Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dengan Bupati Kaur Gusril Pausi S Sos MAP, bertempat di Rumah Dinas Bupati Kaur, Rabu (15/07/2020).

Pada kesempatan ini, orang no satu di Bumi Serasan Sekunda menyampaikan bahwa pembukaan jalan tembus yang baru ditandatangani itu merupakan salah satu program prioritas pembangunan Pemkab Muara Enim guna memperlancar aksesibilitas transportasi di Kabupaten Muara Enim. “Dengan akses yang mudah, maka arus barang dan jasa-pun akan berputar cepat dan dinamis, sehingga berujung pada peningkatan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Plt Bupati di Bumi Serasan Sekundang itu menjelaskan, dengan adanya jalan tembus tersebut, jarak Muara Enim – Kaur hanya sekitar 175 KM, tanpa harus memutar melalui Kota Pagaralam dan Manna lagi dengan jarak tempuh 267 KM “Adapun titik lokasi rencana jalan baru ini, berada di Desa Danau Gerak Kecamatan Semende Darat Ulu dengan panjang 14,5 Km menuju perbatasan Provinsi Bengkulu,” ucapnya.

Lanjut Juarsah, Untuk pedanaan pembangunan jalan baru di Bumi Serasan Sekundang itu akan dibebankan pada APBD masing-masing daerah. “Apalagi jalan ini melintasi hutan lindung Raje Mandare yang memerlukan perizinan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kaur Gusril Pausi S Sos MAP dalam sambutannya menyatakan keberadaan jalan tembus itu memang sangat didambakan kabupatennya untuk membuka keterisoliran Kaur yang dirasa cukup sulit ditempuh dari kabupaten/kota tetangga di Sumatera Selatan.

“Dengan adanya jalan baru ini, maka Kaur tak hanya menjadi lebih dekat menjangkau Kabupaten Muara Enim, melainkan juga memperpendek jarak tempuh menuju Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat dan akses menuju Kota Palembang,” ucapnya.

Lebih lanjut Bupati Kaur berharap, jalan tembus tersebut akan menghidupkan Pelabuhan Linau sebagai alternatif distribusi hasil bumi melalui jalur laut, terutama seperti batubara dari Sumatera Selatan.

Bagaimana Menurut Anda?