Antisipasi Karhutla 2020. Banyuasin Targetkan Tidak Jadi Daerah Penyumbang Asap

833 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN- Kepala BPBD dan Kesbangpol Banyuasin Ir. Alfian soleh. MM, mengaku telah siap mengantisipasi Kebakaran Hutan Kebun dan lahan 2020. agar kabupaten Banyuasin Tidak Jadi Daerah Penyumbang kabut asap “Kita siap menghadapi musim kemarau, dan kita pastikan Banyuasin bebas Karhutbunlah, dan bukan penyumbang asap untuk Kabupaten/ Kota yang ada di Sumsel ini,” kata Ir Alfian. MM disela-sela Apel Karhutbunlah dan Pemeriksaan Kendaraan Operasional Kamis. 16/07/20.

Baca juga : Nama Sapardi Djoko Damono Mendadak Jadi Trends Dunia

Advertisement

Ditambah mantan Camat Banyuasin III ini bahwa untuk mencapai agar tidak menjadi daerah penyumbang kabut asap, pihaknya akan mengerahkan semua elemen dalam menghalau Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan di Kabupaten Banyuasin tahun 2020 ini

Pihaknya juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk petugas dalam menjalankan tugasnya dilapangan. “Kita setelah melaksanakan apel langsung memeriksa kendaraan petugas, seperti sepeda motor, mobil dan kelengkapan lainnya agar kita sukses menghalau asap, dan Banyuasin bebas asap di tahun 2020 ini,” ujarnya

Pihaknya meminta Masyarakat Banyuasin untuk tidak membakar Kebun lahan dan hutan bila hendak membuka lahan. Karna akan menimbulkan kabut asap. ‘Jangan membakar bila mau buka kebun, hutan dan lahan, mari kita sama-sama jaga alam kita dan kita jaga paru-paru kita dari asap,” singkatnya.

Dirinya menegaskan, bahwa pihaknya siap melaksanakan sangsi tegas dari Presiden RI dan Kapolri bila masih ada yang melanggar. “Untuk solusi masih kita carikan, bagi masyarakat yang mau menggunakan alat berat itu akan kita koordinasikan dengan pihak terkait dalam penggunaannya untuk warga membersihkan lahan mereka, bila ada Perusahaan atau warga yang melanggar membakar hutan maka sesuai dengan Maklumat Presiden dan Kapolri maka akan ada sangsi. “Karna itu kita  minta agar semua elemen mematuhi ini,” tandasnya.

Senada juga disampaikan Bupati Banyuasin, H. Askolani. SH didampingi, Wakil Bupati Banyuasin. H. Slamet, SH. “Di semua Kecamatan kita siap untuk untuk mengantisipasi karhutlah 2020. “kita himbau agar tidak ada yang membakar hutan, lahan dan kebun” Ucapnya.

Apel dalam rangka  Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banyuasin Tahun 2020 ini  digelar dilapangan upacara Pemkab Banyuasin dengan tetap mengedepankan Protokol kesehatan. Adapun bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Banyuasin, H. Askolani. SH.

Usai Upacara, Bupati  memeriksa kendaraan untuk petugas gunakan dalam mengantisipasi agar kabupaten tidak menjadi daerah penyumbang kabut asap.

Bagaimana Menurut Anda?