Meraih Peringkat Pertama di Google

6.324 dilihat
Meningkatkan urutan pertama di google search dengan kyword
Ilustrasi poto, kuci meningkatkan rengking pertama di halaman google search

Cara Meraih Peringkat Pertama di Google Search Dengan Keyword

BUANAINDONESIA.CO.ID, Sebelumnya kami uraikkan tentang Cara Meraih Peringkat Pertama di Google Search Dengan Keyword, untuk anda yang baru terjun di bidang SEO, ada baiknya terlebih dulu mengenal istilah google Search, Keyword, dan peringkat pertama di google Search serta upaya Meraih Peringkat Pertama di Google pencarian.

Advertisement

1. Istilah google Search

Seperti dikutip dari laman Wikipedia, Google Search atau Google Web Search adalah mesin pencari web yang disediakan Google. seperti gambar dibawah ini, dengan tujuan utama adalah mencari teks di dokumen-dokumen publik yang tersedia di internet.

Mendapat peringkat pertama di google search
Search

 

2. Keyword

Sementara Keyword atau kata kunci adalah susunan kata yang diketikkan oleh seseorang saat melakukan pencarian data atau informasi yang diperlukan di google Searsh.

3. Peringkat Pertama

Sedangkan Peringkat pertama menuru kamus bahasa indonesia adalah ranking pertama.

Jadi,  Cara Meraih Peringkat Pertama di Google Search Dengan Keyword Adah cara mendapatkan rangking teratas halaman pertama. googlle pencarian. dengan memasukan kyword atau kata kunci pada postingan ada. kata kunci yang dimaksud adalah kata yang sering dicari di internet

Sebelumnya juga sudah dijelaskan mengenai bagaimana Cara Mendapat Rengking Pertama Pada Mesin Pencarian Google. yaitu dengan menaksimalkan penggunaan kyword atau memaksimalkan penggunaan kata kunci. agar SEO.

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik Anda pun meningkat.

Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga akan membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tetapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website Anda.

Untuk bisa mendapatkan trafik tinggi yang tepat sasaran, Anda perlu mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari, dalam hal ini Google. Anda perlu memahami bagaimana cara kerja SEO, algoritma Google, dan indikator utama

Keyword Research adalah suatu riset yang dapat Anda lakukan sebagai strategi SEO atau optimasi bagi mesin pencari.

Riset ini pada dasarnya merupakan kegiatan mencari kata kunci yang sering dimasukkan oleh orang-orang pada mesin pencari, yang tentunya sesuai dengan topik dari artikel/ laman dari situs Anda. Contohnya, Anda membuat sebuah artikel dengan topik “peringkat teratas di Google”. Lihatlah penelusuran terkait di mesin pencari. Anda yang tertera antara lain rengking Satu di Google.

Keyword yang tepat alias banyak dicari orang, menjadi sangat penting bagi Anda. Sehingga tidak sampai Anda memasukkan kata kunci yang tak ada satupun orang mencarinya. Namun, perlu Anda catat bahwa meningkatkan jumlah pengunjung ataupun menjadikan halaman Anda di posisi teratas mesin pencarian bukanlah satu-satunya tujuan yang perlu Anda capai, Anda juga perlu membuat conten yang tepat sasaran. sehingga pengunjung website anda merasa paham tentang penjelasannya

Baca juga : Cara menjadi Conten Creator Handal 

terkait keyword ini Beragam Tool Gratis tersedia untuk membantu Anda dalam upaya perencanaan kata kunci yang tepat bagi bisnis Anda, dan Anda dapat menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Berikut adalah lima aplikasi gratis untuk perencanaan kata kunci Anda.

Google Keyword Planner

Aplikasi ini dapat mencari kata kunci baru bagi Anda. Aplikasi dari Google ini menyediakan suatu statistik bagi tiap kata kunci, termasuk juga memberi Anda informasi soal besarnya pencarian dan perkiraan cost per click (biaya rata-rata per klik). Keyword Planner atau Perencanaan Kata Kunci hanyalah tahap mula-mula yang bisa membantu Anda memilih kata kunci yang tepat, jadi ini bukan satu-satunya aplikasi yang bisa dimanfaatkan. Seperti yang telah Google sampaikan, Anda dapat memanfaatkan perencanaan ini sebagai arahan dasar menentukan kata kunci.

Selanjutnya akan kami paparkan proses penggunaan Google Keyword Planner yang kami sadur dari Search Engine Land beserta gambarnya, untuk mempermudah Anda dalam menggunakan Google Keyword Planner. Kami memberikan langkah-langkah jelas bagi tool satu ini karena Google Keyword Planner ini adalah tool utama yang wajib Anda pakai sebagai acuan dasar riset keyword Anda.

Langkah pertama dalam proses ini adalah menentukan bagaimana Anda akan menciptakan kampanye iklan dan grup iklan Anda. Anda diminta memilih satu dari 3 jalur yang mungkin:

Cari ide keyword dan ad group

Masukkan atau upload keyword untuk mendapatkan perkiraan

Kalkulasikan daftar keyword untuk mendapatkan perkiraan

Berikutnya Anda dapat menyaring keyword Anda dari Keyword Plan yang ada, menetapkan parameter pernagetan, hingga akhirnya mendapatkan hasil peninjauan dan menganalisanya kembali.

Langkah berikutnya adalah klik ‘Search for keyword and ad group ideas. Kemudian akan muncul robust keyword workbench seperti pada gambar berikut.

Ubersuggest

Aplikasi ini memberikan data dari Google dan mesin pencari yang lainnya lewat kata kunci pertama, menambahkan huruf atau angka di kata kunci, juga menawarkan saran untuk kata kunci Anda. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memperbanyak daftar kata kunci dan membantu Anda menghasilkan ide yang baru.

Keyword Tool

Aplikasi ini agak serupa dengan Ubersuggest sebab yang digunakan adalah sama-sama konsep Google Autocomplete. Namun Keyword Tool dapat dikatakan lebih unggul selangkah sebab aplikasi ini sanggup memberikan hingga 750 saran kata kunci bagi Anda. Keyword Tool ini bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan sifatnya user-friendly.

WordStream Free Keyword Tool

Walau aplikasi ini berfitur terbatas, Wordstream menyediakan kata kunci lebih beragam bagi kata kunci Anda yang panjang apabila dibandingkan dengan Keyword Planner dari Google. Dan sebenarnya semua saran kata kunci yang ditampilkan aplikasi ini lebih relevan dibanding saran kata kunci dari aplikasi-aplikasi yang disebutkan sebelumnya. Aplikasi ini sanggup mewakili lebih dari satu triliun permohonan pencarian. Anda dapat menggunakannya hingga 30 kali sehari tanpa membayar.

Keyword Eye Basic

Ini adalah aplikasi yang paling menarik dibandingkan aplikasi sejenis lainnya yang telah kami berikan informasi sebelumnya. Sebuah aplikasi kata kunci visual yang menyediakan ‘gumpalan kata kunci’, di mana ukuran serta warna yang ditampilkan olehnya, masing-maisng mewakili besarnya pencarian juga alur kompetisi. Anda juga dapat melihat saran kata kuncinya lewat performa grid dan mengurutkannya dengan metrik tertentu. Dengan Keyword Eye versi tak berbayar, pengguna boleh memiliki 20 kata kunci dalam sehari, laporan terkait 100 kata kunci, dan 25 jumlah database kata kunci dari Google. Intinya, Keyword Eye memberi data yang cukup menyeluruh namun mudah dipahami.

Strategi Menentukan Keyword Tepat

Pertama, kenalilah target pasar Anda demi Niche Keyword yang menguntungkan. Cobalah untuk memetakan bagaimana target pasar Anda. Anda hanya membutuhkan sebuah dokumen Word atau mungkin kertas dalam mencatat atau menggambar peta Niche Market ini. Ada berbagai cara menemukan Niche Market, tetapi cara yang termudah adalah dengan teknik Buyer Personas. Teknik ini adalah cara yang sangat sederhana untuk mengidentifikasi Niche Topic yang disukai pelanggan potensial Anda. Begitu Anda mengidentifikasi Niche Topic ini, Anda dapat dengan mudah menemukan keyword apa yang digunakan pelanggan potensial Anda setiap harinya.

Melakukan teknik Buyer Persona perlu fokus pada penelitian keyword yang menyertakan rincian target pemirsa Anda secara lengkap dan mendasar seperti berikut:

Jenis kelamin

Usia

Perkiraan penghasilan

Hobi dan minat

Hal-hal yang mereka gumulkan

Apa yang ingin mereka capai (baik secara personal maupun profesional)

Selain itu, Anda juga bisa mengenali Niche Market Anda dengan bergabung di forum-forum online semacam Kaskus. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Hasil pencarian terkait Cloud Hosting dalam salah satu forum terbesar di Indonesia ini adalah rata-rata pertanyaan atau keluhan para pemilik web yang hosting tradisionalnya tak dapat memenuhi keinginan mereka untuk mendapat domain cepat siap pakai, stabil, aman dan anti crash ketika ada ledakan pengunjung. Seperti itulah Niche Market Anda, orang-orang yang mengelola website dengan permasalahan yang sudah dipaparkan di atas.

Langkah-langkah di ataslah yang bisa membantu Anda mengamati apa saja kebutuhan-kebutuhan Niche Market Anda sehari-hari atau belakangan ini hingga kemudian menyesuaikan keyword apa yang sebaiknya Anda targetkan sesuai kebutuhan pasar Anda tersebut.

Selain mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pengunjung atau Niche Market potensial Anda, ada baiknya juga Anda mengetahui apa saja yang tak mereka harapkan atau hal-hal yang tak mereka sukai.

Kedua, Anda perlu fokus pada pencarian long tail keyword.Long tail keyword adalah kata kunci yang panjang namun tepat sasaran.

Ketiga, tentukan prioritas kata kunci berdasar kebutuhan. Untuk mengoptimasi situs Anda cobalah melakukan lagkah tersebut dengan cara meninjau jenis situs Anda. Apakah Anda lebih banyak memuat konten-konten informasi? Berarti urutan prioritas Anda adalah volume, kemudian persaingan, terahir intent. Apakah Anda memiliki blog untuk berbisnis produk? Berarti urutan prioritas Anda adalah volume, kemudian intent, terakhir persaingan. Apakah Anda memiliki blog untuk menjual jasa atau layanan? Berarti urutan prioritas Anda adalah intent, kemudian volume, terakhir persaingan.

Keempat, cari lebih banyak lagi dan lagi kata kunci Anda.Singkirkanlah rasa cepat puas ketika Anda telah mendapat beberapa kata kunci yang Anda pikir baik bagi artikel atau laman di situs Anda. Teruslah menguji kata kunci yang tepat sembari memerhatikan poin sebelumnya soal prioritas. Sesungguhnya, secara umum ini adalah sikap yang baik bagi siapapun Anda, apapun bidang yang Anda pelajari. Cobalah juga untuk mencari referensi-referensi lain selain artikel ini untuk mengembangkan pengetahuan dan keahlian Anda.

Terakhir, sekali lagi soal Niche Market, cobalah pahami konten seperti apa yang cocok untuk kata kunci tertentu. Apa yang kami maksud dengan konten di sini tak terbatas pada artikel yang berisi kata-kata atau gambar saja. Bagi kami konten termasuk juga file untuk diunduh, tool untuk dipakai, atau ulasan dari pengunjung maupun pembeli jasa maupun produk Anda. Bagaimana caranya menentukan konten dengan mudah dan cepat bagi kata kunci tertentu? Mudah saja, cobalah posisikan diri Anda sebagai orang yang memasukkan kata kunci di kolom mesin pencari. Contohnya, kata kunci “Nikon D3S” maka konten yang diharapkan adalah penjelasan atau deskripsi resmi dari Nikon mengenai salah satu produknya tersebut. Jika kata kuncinya “Daftar Kamera Terbaik dan Termurah” maka harapan pencari adalah menemukan konten yang berisi banyak jenis kamera yang kualitasnya bagus untuk harga terjangkau.

Kesimpulanya, Pada tulisan kali ini mudah-mudahan Anda telah mendapat alasan, akan pentingnya keyword research. dan pada prinsipnya, keyword research berakar dari pengamatan dan pengertian akan Niche Market atau target pasar potensial yang ingin dicapai. Terusla mencoba untuk mengikuti perkembangan Niche Market Anda, apa saja yang sedang tren di kalangan masyarakat dan apa saja kebutuhan atau keinginanya

Baca Juga : PenambangPasir Siap Bantu Perbaikan Jalan 

Advertisement