Cara Mendapatkan Rangking Pertama di Google

21.624 dilihat
Cara Mendapatkan Rangking Pertama di Google
Search

BUANAINDONESIA.CO.ID, Mendapatkan rangking pertama pada mesin pencarian google adalah impian dari setiap pengelola website baik pemula atau lama. Baik milik pribadi maupun badan usaha. 

Menurut Sebuah studi yang dilakukan oleh Infront Webworks, bahwa website yang mendapatkan rangking pertama di google atau urutan satu di halaman pertama  di Google search berpeluang mendapat 95% website traffic, sehingga berpengaruh terhadap pendapatan. sedangkan halaman berikutnya menerima hanya 5% traffic website.

cara Mendapat Rengking Pertama Pada Mesin Pencarian Google search
Contoh poto hasil pencarian di google dengan judul cara Mendapat Rengking Pertama Pada Mesin Pencarian Google
Advertisement

Karna impian untuk mendapatkan rangking pertama di google  inilah sehingga banyak orang temasuk para pemula dibidang blogger maupun website berlomba mencar tahu  cara mendapatkan rangking pertama, di mesin Pencarian google.

Bukan rahasaih lagi bila kata kunci atau dalam istilah lain SEO,. Merupakan salah satu cara  mendapatkan rangking pertama, di mesin Pencarian google. Atau  cara menduduki posisi pertama di Search Engine Results Page (SERP).

Baca juga : Bantuan Langsung Tunai Cair Lagi

memang tidak semudah membalikan telapak tangan untuk menduduki rangking pertama dimesin pencarian google atau menduduki puncak Search Engine Results Page (SERP). Terlebih anda yang baru saja terjun didunia internet.

Namun mudah-mudahan langkah demi langkah cara  mendapatkan rangking pertama, di mesin Pencarian google. Atau  cara menduduki posisi pertama di Search Engine Results Page (SERP). di bawah ini bisa menuntun untuk memulainya untuk mewujudkan impian anda. menduduki puncak Search Engine Results Page (SERP)

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengingkatkan peringkat website Anda agar mendapatkan rangking pertama di mesin Pencarian google ? Atau  cara menduduki posisi pertama di Search Engine Results Page di SERP ?.

Cara Yang pertama anda lakukan adalah :

Anda perlu meninjau terlebih dahulu sudah sejauh mana progress yang ada pada website Anda selama ini. Hal ini juga berlaku bagi website Anda yang baru saja dibuat atau memiliki sedikit jumlah post.

Baca juga : Bupati Garut Nantikan Wisatawan 

Ada sebuah tool yang dapat membantu Anda meninjau progress website Anda terkait peringkat hasil pencarian yaitu SERPs.

Jika Anda hendak menargetkan keyword yang spesifik dalam konten di page Anda, gunakanlah tool SERPs ini

Tool SERPs Bisa juga di download di play store. Bisa juga melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.SERPmoj

Baca juga : Link Nonton Film Gratis Pengganti  Indoxxxi Terbaru 

Setelah download Anda instal kemudian buka lalu memasukkan kata kunci yang spesifik lalu memasukkan juga domain website Anda, memilih area Anda, kemudian klik Go!

Setelah klik anda akan segera melihat Hasilnya. muncul

Berikut ini adalah beberapa items yang akan muncul di result page Keyword Rank Checker!

1.  Peringkat website Anda pada SERP

2. Halaman pertama di situs Anda yang muncul di pencarian terkait topik

3. Jumlah rata-rata pencarian yang terkait konten Anda

4. Biaya per klik terhadap keyword bila menggunakan Google product yang berbayar yaitu AdWords

Selain menggunakan tools untuk evaluasi peringkat website Anda di SERP, Anda juga perlu memastikan kecepatan loading page Anda. Mengapa? Sebab kecepatan loading page secara resmi telah diumumkan Google sebagai salah satu ranking factor.

Jika website Anda lambat tampil di layar, kesempatan Anda untuk mendapat conversion rate juga akan kandas. menurut survey, tak ada orang yang sabar menunggu page yang tampil untuh namun lama

Visitor dari Google dapat dipastikan tidak mau membuang-buang waktu untuk page yang tak memberi solusi atau referensi secara cepat. Mereka akan keluar dari website Anda dan menuju ke website yang disarankan lainnya oleh Google.

Jika result page Anda menunjukkan bahwa kecepatan loading Anda buruk, cobalah melakukan tindakan yang lebih jauh. Cobalah untuk memercayakan hosting Anda di server yang cepat dan aman.

Memprioritaskan Organic Traffic

Istilah organic traffic digunakan untuk merujuk pada pengunjung atau web visitor yang berada di situs Anda sebagai hasil dari penelusuran yang tidak dibayar (organik). Lalu lintas organik adalah kebalikan dari lalu lintas yang dibayar.

Pengunjung yang dianggap organik adalah yang menemukan situs Anda setelah menggunakan mesin penelusur semacam Google.

Pengunjung yang dianggap organik ini tidak datang berdasarkan rujukan dari situs lain.

Cara termudah untuk meningkatkan traffic organic bagi situs web Anda adalah dengan menerbitkan konten berkualitas pada blog Anda secara teratur dan berkelanjutan.

Bagaimana kriteria konten yang berkualitas?

Kriteria konten yanh berkwalitas mempunyai ciri antara lain ;

1, Anda perlu memerhatikan relevansi tulisan Anda dengan topik atau niche yang Anda memang ingin bahas. Hal ini juga berkaitan dengan niche market seperti apa yang ingin Anda sasar. Selain itu, ada pula kaitannya dengan keyword apa yang pas dengan niche market Anda  sehingga konten Anda bisa tepat sasaran dan mengundang banyak visitors.

2. Penampilan website atau page Anda juga sangat penting. Anda perlu membuat tampilan tulisannya mudah dilihat. Jangan sampai jenis, ukuran dan warna font Anda membuat pembaca terganggu dan keluar dari page Anda begitu saja. Selain itu, desain secara keseluruhan juga penting, buatlah desain interface yang menarik tapi tidak rumit atau terlalu ramai.

3, konten multimedia perlu ditambah. Bagaimana caranya agar pengunjung tetap tertarik membaca konten Anda hingga akhir. Tambahkanlah banyak grafik, gambar, dan mungkin video pada konten. Sebab, Kebanyakan pembaca akan jenuh ketika membaca teks yang panjang dan membosankan

4. Memastikan Website Anda Mobile Friendly. Sebab, berdasarkan data resmi dari Google, lebih dari 50% jumlah pencarian di Google kini berasal dari mobile device.

Pihak Google pun menyatakan secara jelas bahwa website yang tidak mobile friendly dijamin tidak akan berada di peringkat atas SERP.

Lalu bagaimana caranya mengetahui apakah website Anda sudah mobile friendly atau belum?

Untuk mengetahui website Anda sudah mobile friendly adalah dengan cara memakai tool  Google’s Mobile Friendly Test.

Tool Google’s Mobile Friendly ini dapat Anda akses secara online dan gratis. Anda tinggal memasukkan alamat website Anda di dalam kolom pencarian. Setelah itu, Anda dapat langsung melihat hasilnya.

Hasilnya Tool Google’s Mobile Friendly akan sangat mudah dimengerti karena hanya berupa jawaban ya atau tidak. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui apakah website Anda masih pelu diperbaiki atau telah berjalan smooth.

Jika website Anda dinyatakan tidak mobile friendly, kami menyarankan anda untuk segera memperbaikinya.

Melakukan Keyword Research

Melakukan riset menyeluruh terhadap keyword Anda seharusnya menjadi langkah utama sebelum Anda benar-benar membangun konten. Anda perlu mengetahui keyword-keyword apa saja yang dicari dan digunakan sehari-hari oleh niche market Anda.

Agar efektif, Anda dapat menggunakan tool yang berguna dan bahkan gratis seperti Google Keyword Planner.

Melalui Google Keword Planner ini Anda dapat mengenal lebih dekat siapa audiece atau segmentasi Anda dan bagaimana mengelola keyword Anda terkait niche market Anda itu.

Lakukan selalu pengecekan dengan Google Keword Planner agar lebih memahami cara kerjanya.

Membangun Link dengan Benar

Pada dasarnya ada dua macam link yang dapat Anda bangun di website Anda yaitu internal link dan external link. Cobalah untuk memasukkan kedua link tersebut dengan penempatan yang natural.

Internal link adalah link yang menuju ke halaman dari dalam website Anda sendiri. Sementara external link adalah link yang menuju halaman dari website lain.

Kami menyarankan minimal 3 jumlah internal atau external link yang Anda tautkan ke teks yang ada pada konten Anda.

Semakin banyak, semakin baik. Hal ini dapat membantu Google mengetahui bahwa konten Anda komprehensif, sebab terkait internal link, hal ini mengindikasikan kuatnya domain authority Anda.

Namun sangat penting untuk mengetahui tautan mana yang berbahaya bagi situs Anda sehingga Anda dapat menghapusnya. Google Penguin 2.0 membuatnya lebih mudah dengan mengidentifikasi tautan berkualitas rendah menjadi beberapa kategori yang jelas.

Berikut adalah kriterianya!

Ada banyak tools gratis untuk membantu Anda mengidentifikasi tautan yang tidak sehat atau toxic link. Dua tools yang akan kami sarankan kepada Anda untuk mengelola link Anda adalah Monitor Backlinks dan Linkquidator. Berikut cara memeriksa tautan tidak sehat dengan Linkquidator!

Anda hanya perlu tindakan yang sangat sederhana yaitu memasukkan URL Anda pada kolom yang tersedia lalu klik “Search”. Page result akan segera muncul di layar Anda. Tools ini disediakan gratis.

Bila Anda menemukan tautan berisi spam atau berupa toxic link yang mengarah ke web page Anda, jangan terburu-buru menghapus post itu sendiri. Itu adalah tautan yang harus Anda hapus sehingga algoritma penelusuran tidak memberikan penalti pada Anda. Jadi, bukan post atau kontennya yang dihapus melainkan link-link yang ada perlu dibuang dari konten Anda.

Mudah-mudahan panduan langkah demi langkah ini website Anda bisa mencapai posisi pertama di mesin penelusur Google. Siapa yang tak ingin website miliknya berada di peringkat pertama pada SERP?

Tentunya Anda termasuk yang masih pomula juga menginginkannya karena dengan cara ini, website atau page Anda dapat diakses oleh banyak pengguna atau pengunjung.

Advertisement