Ishak Mekki: Lemang Asal Lahat Bisa Jadi Icon Sumsel

2.720 dibaca

BUANAINDONESIA, CO.ID, SUMSEL- Siapa yang tidak tahu dengan Lemang masakan ketan yang dihidangkan dari bambu asal Kabupaten Lahat ini bisa menambah daya tarik dan Icon kuliner untuk Sumatera Selatan.

Selain mensosialisasikan dirinya yang hendak mencalonkan menjadi Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan, makanan khas daerah (Lemang ) akan memberikan nilai tawar yang tinggi dan bisa menjadi Icon kuliner khas Sumatera Selatan.

Dirinya berharap saat menjadi Gubernur kedepan selain memberikan dana bantuan untuk UMKM, pihaknya akan membantu serta mendorong makanan khas lokal yang ada di Sumsel agar bisa Go Nasional dan Internasional salah satunya makanan Lemang asal Lahat tersebut.

“Lemang ini salah satu makanan Favorit saya, kedepan kalo aku Gubernur aku akan pasarkan keluar daerah dan juga Internasional,” ujar Ishak Mekki saat menyantap Lemang bersama beberapa warga desa Tanjung Sirih Kecamatan Pulau Pinang, Lahat, Rabj 7 Maret  2018

Perlu diketahui bersama, Lemang memiliki dua varian rasa, Pertama manis, dan yang Kedua Asin, dari bentuknya yang bulat ini memiliki tekstur yang lembut dan sangat cocok disantap dengan durian dan teh hangat.

Seperti yang dikatakan Jhony pedagang Lemang di Desa Tanjung Sirih tersebut, sudah hampir puluhan tahun menjualkan makan dari bambu yang cara masaknya digarang dengan kayu bakar, dan nasibnya masih tetap sama. Dan dirinya berharap kepada Ishak Mekki bisa memberikan perubahan bagi para pedagang emperan di pinggir jalanan.

“Baru kali ini, ada pemimpin daerah yang mengunjungi, dan makan bersama mencicipi Lemang kami di pinggir jalan, dan saya juga doakan agar Bapak Ishak Mekki menjadi Gubernur Sumatera Selatan,” ujar Mang Jhon sapaan akrabnya.