Kota Bima Siap Sambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah

6.235 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BIMA – Menyongsong datangnya hari besar islam yakni Tahun Baru Islam 1440 H ( Hijriyah), di Kota Bima akan digelar berbagai kegiatan yang bernuansa islami. Hal itu diungkapkan oleh Kasubag Keagamaan Bagian Kesra Setda Kota Bima, H. Ahmad S. Ag, M AP, selaku Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bima. “Acara penyambutan ini digelar pada tanggal 1 Muharam 1440 Hijriyah atau tepatnya pada hari Selasa tanggal 11 September 2018 mendatang”. ungkap H. Ahmad di kantornya, rabu (05/09/18).

Menurut Ketua PHBI Kota Bima ini, pihaknya telah menyiapkan beberapa agenda perayaan bernuansa islam yang siap digelar pada tanggal 1 Muharam 1440 H nanti. Agenda perayaan itu, kata H. Ahmad, antara lain pawai 1 Muharam melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kota Bima. Di samping itu, lanjutnya, pawai 1 Muharam nantinya juga melibatkan sekolah seluruh tingkatan, ibu-ibu majelis taklim, paguyuban, dengan menampilkan busana muslimin dan muslimah.

H. Ahmad juga meminta kepada seluruh peserta pawai nanti untuk membawa semua atribut keislaman dan spanduk yang bertuliskan tema perayaan menybut tahun baru hijriyah 1 Muharam 1440 H. Adapun temanya, ujar H. Ahmad, yakni “Dengan semangat Hijrah Rasukullah SAW Kita Bangun Semangat Gerakan Sholat Subuh Berjamaah Dan Sadaqah Subuh Membangun kota Bima Yang Aman Dan Berkah”. “Dengan tahun baru Islam 1 Muharam 1440 H ini juga kita kita bangun kebersamaan mendukung sholat jamaah di masjid dan silaturrahim antara umara’ dan umat menuju Kota Bima toyyibatun warabun gaafur”. ucap H. Ahmad.

Ia juga menyampaikan beberapa atribut-atribut lainnya untuk ditampilkan pada saat pawai 1 Muharam 1440 H nanti. Antara lain, qosidah rebana, hadrah, marawis, drum band seluruh sekolah-sekolah. “Insyaallah pawainya nanti dilaksanakan pada Selasa pagi tanggal 11 September 2018 dengan rute titik start di depan convention hall menuju finish di kantor Walikota Bima”. Tandasnya.

H. Ahmad menambahkan, usai pawai pada hari Selasa itu juga akan dilanjutkan lagi dengan agenda tablig 1 Muharam yang berlokasi di halaman kantor Walikota Bima. “Insyaallah suasananya bakal ramai berdasarkan pengalaman tahun-tahun kemarin,” imbuhnya.

Mengapa agenda 1 Muharam ini dirayakan dengan meriah? H. Ahmad menjawab, untuk mengajak masyarakat agar memaknai secara positif momen tahun baru hijriah. Sederhananya, kata H. Ahmad, mengajak masyarakat untuk sama-sama hijrah ke arah yang positif menuju perilaku, moral, dan akhlak yang lebih baik lagi dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. “Ini juga diharapkan untuk mencegah kenakalan remaja dan generasi muda di Kota Bima terutama penggunaan narkoba sehingga mereka condong memiliki jiwa religius dan berperilaku serba positif”. tukasnya.