Remaja Masjid Se-Kota Bima Diberikan Bimtek

2.387 dibaca
Ketua Panitia Penyelenggara Bimtek, H. Ahmad S. Ag, MM
Ketua Panitia Penyelenggara Bimtek, H. Ahmad S. Ag, MM

BUANAINDONESIA.CO.ID, BIMA –  Remaja Masjid se- Kota Bima mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Bagian Kesra Setda Kota Bima. dipandu oleh Ketua Panitia Bimtek H. Ahmad S. Ag, MM, selaku Kasubag Keagamaan di Bagian Kesra Setda Kota Bima di Aula Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) lingkup Kemenag Kota Bima, Selasa (4/12/18).

Pantauan Buanaindonesia, peserta bimtek mencapai 75 orang ditambah dengan dua orang pemateri. Yakni ketua DMI Kota Bima  TGH. Ramli Ahmad M. Ap, ketua MUI Kota Bima, dan Kepala kantor Kemenag Kota Bima.

Ketua Panitia Penyelenggara Bimtek, H. Ahmad S. Ag, MM, falam laporanya mengatakan, kegiatan bimtek itu adalah upaya pihak Pemerintah Kota Bima melalui Bagian Kesra untuk meningkatkan SDM remaja masjid yang kreatif dan inovatif, menuju pengelolaan masjid yang profesional.

Adapun dasar penyelenggaraan bimtek itu,, kata H. Ahmad, yakni SK Walikota Bima Nomor 156 Tahun 2018 tentang pembetukan panitia pelaksana kegiatan pembinaan remaja masjid tingkat Kota Bima tahun 2018. “Dasar lainnya lagi adalah dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) Bagian Kesra Tahun 2018,” ujar H. Ahmad.

Disampaikannya, pelaksanaan bimtek ditujukan untuk penguatan kelembagaan dan tata kelola remaja masjid se-Kota Bima. Di samping itu, lanjut H. Ahmad, bertujuan meningkatkan kompetensi dan kemampuan remaja masjid se Kota Bima dalam menata dan mengelola manajemen remaja masjid secara profesional. “Tujuan lainnya lagi adalah meningkatkan wawasan keilmuan dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang berpusat di masjid, serta mempererat dan memperkokoh tali silaturrahmi maupun ukhwah islamiyah,” urainya.

Dikonfirmasi Kamis (6/12/18), H. Ahmad menekankan perlunya pengurus remaja masjid mengantongi SK dari Lurah dan atau Camat. Selain itu, ujarnya, kepengurusan pun harus jelas, program kerja yang legal, ada stempel, serta membuat laporan kegiatan.