KPID Sumsel Minta Masyarakat Tonton Tayangan Mendidik

8.862 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUMSEL- Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Selatan  (Sumsel) mengadakan kegiatan literasi media. Namun bentuk kegiatan kali ini berbeda dari biasanya, kegiatan dalam bentuk outdoor.

Guntur Melian Wakil Ketua KPID Sumsel mengatakan kegiatan literasi on the road ini memang sengaja diambil saat momentum bulan Ramadhan dengan tujuan agar masyarakat dapat memilih tayangan ramadhan yang memiliki nilai mendidik.

“Hari ini kita mengadakan kegiatan di jalan, untuk mengedukasi masyarakat untuk memilih tayangan yang mendidik,”Kata Guntur. Senin 27 Mei 2019.

Dikatakan, masih banyak tayangan televisi khususnya di bulan ramadhan masih juga minim edukasi soal agama melainkan lebih banyak menayangkan aspek hiburannya saja. Maka KPID Sumsel berharap dengan kegiatan ini mengajak masyarakat untuk bisa selektif dalam memilih tayangan yang mendidik.


Selanjutnya, Kegiatan literasi media on the road ini dilaksanakan beberapa kali di bulan Ramadhan Dijelaskan, bentuk kegiatan ini dengan staf membentangkan spanduk bertuliskan tentang edukasi menonton tayangan yang sehat dan cerdas.

Selain itu, KPID Sumsel juga membagikan Takjil kepada pengendara sepeda motor. Di beberapa tempat strategis.

“Kita membagi takjil, di simpang lima DPRD Sumsel dan perempatan jalan Angkatan 45 Palembang, alasan pemilihan tempat ini karena daerah tersebut ramai kendaraan,”ujarnya

Guntur didampingi beberapa komisioner diantaranya Herfriady, Sisilia, Meytri Puspa Rini, Ekky Syahrudin serta staf KPID Sumsel yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, KPID Sumsel juga mengajak mahasiswa Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Patah Palembang dan menggandeng kelompok seniman Palembang Mime Club yang tampil dalam bentuk Pantomim.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan KPID Sumsel kepada masyarakat. KPID Sumsel juga membuka kontak aduan melalui line telepon 0711-357101 dan whatsapp (WA) 081279922900,  apabila masyarakat berkeinginan untuk melaporkan terkait isi siaran.

“Kedepan kegiatan semacam ini,  bisa dilaksanakan disetiap kabupaten-kota di Sumsel. Jum’at 24 Mei 2019 merupakan kegiatan penutup literasi on the road, ”