Menhan RI Mendapat Kunjungan Dari Acting Secrwtary Of Defense Of USA

8.677 dibaca

BUANAINDONESIA. CO. ID, JAKARTA,- Menhan RI Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Acting Secretary of Defence of USA HE.Patrick Michael Shanahan, di Kantor Kementerian Pertahanan RI Jakarta Kamis (30/05/19)

Kunjungan ini dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama bilateral kedua Negara di bidang pertahanan yang telah terjalin lebih dan setengah abad Sebagaimana penyambutan kepada tamu negara asing lainnya, kunjungan kehormatan Acting Secretary of Defence of USA ini juga didahului dengan penyambutan oleh Menhan RI melalui upacara Jajar Kehormatan.

Selanjutnya, Menhan RI dan Acting Secretary of Defence of USA dengan didampingi delegasi dan kedua negara melaksanakan pertemuan bilateral dengan saling bertukar pandangan mengenai hal-hal penting

” Pertama, kerjasama peningkatan kapasitas melaui forum dialog, kunjungan pejabat, latihan dan pendidikan Kedua, peningkatan kerjasama di bidang industri pertahanan diantaranya melalu program perdagangan dan pengalihan senjata (Defense Trade and Arms Transfers/DTAT). Ketiga survei bawah laut yaitu preservasi kerangka kapal perang dan jenasah tentara Amerika di wilayah perairan Indonesia”ucap, Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu.

Dilanjutkannya, Keempat, kerjasama yang dibahas mengenai stabilitas kawasan Indo Pasifik. Dalam hal ini Indonesia mendukung terwujudnya kawasan Indo-Pasifik yang berprinsip pada keterbukaan, transparansi. Inklusifitas sentraltas ASEAN dan respek terhadap hukum internasional.

” Kelima, terkait penyelesaian konflik Laut China Selatan, Indonesia mendukung penyelesaian secara damai dan menghormati secara penuh proses diplomatik dan proses hukum sesuai dengan hukum internasional, khususnya UNCLOS 1982 Tidak kalah pentingnya, beberapa hal yang akan dibahas dalam pertemuan bilateral in adalah peningkatan kerja sama ASEAN “Our Eyes” yang dinisiasi pemerintah Indonesia untuk bbertukar informasi dalam menghadapi ancaman terorisme dan Freedom of Navigation dimana Indonesia menegaskan bahwa keputusan penetapan ALKI (Alur Laut Kepualauan Indonesia

dilakukan untuk menyeimbangkan kepentingan keamanan nasional RI dengan kebutuhan untuk menyediakan hak lintas alur laut kepulauan bagi negara pengguna “ujarnya.

Melalui pertemuan bilateral ini. Menhan RI mengharapkan kerjasama dan persahabatan
Indonesia – Amerika agar selalu dapat terus dipelihara dengan semangat persaudaraan.

“Dengan pertemuan ini kedua pihak juga dapat saling membenkan masukan bagi peningkatan kerjasama bilateral dalam mendukung kepentingan nasional Indonesia dan AS. Melalui kesepakatan dan masukan-masukan yang bermanfaat untuk meningkatkan kerjasama kedua negara dan dalam berkontribusi untuk menjaga stabilitas regional serta global. “Tandasnya. ( Siaran Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan )