Pipa Pertamina Bocor, Minyak Mentah Cemari Lingkungan

26.710 dilihat
Keluang Dusun IV Rt 08 Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin. Rabu 22 Mei 2019. Foto : Kahar

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUMSEL- Pipa aliran minyak mentah diduga milik PT Pertamina EP Asset 1 Ramba Field pipa bocor diperkirakan puluhan ton minyak menyembur dan mengaliri lahan milik warga.  Sehingga mencemari lingkungan  75 batang  karet dan 119 Sawit. Selain itu juga mengakibatkan kerusakan rumah milik warga,  Kosasih  (55), dan Zainudin Desa Keluang Dusun IV Rt 08  Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin dan  warga Kelurahan Sungai Lilin Jaya Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin.

“Ratusan batang tanaman karet dan sawit yang produktif rusak akbibat semburan minyak tersebut, kejadian semburan minyak mentah terjadi  itu  Selasa  22 Mei 2019, sudah tujuh hari, ”kata Kosasih.  Rabu (29/5).

Pipa bocor di Keluang Dusun IV Rt 08 Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin. Rabu 22 Mei 2019. Foto : Kahar

Pantauan  di lokasi kejadian, minyak mentah  tersebut berwarna cokelat menggenangi  halaman rumah  warga. Tanaman yang dilalui aliran minyak juga tampak layu akibat tumpahan minyak terebut

Ia berharap, Pertamina cepat tanggap jika ada kebocoran dan segera melakukan peremajaan pipa terutama yang terletak di daerah permukiman  dan Kebun warga.

“Kami khawatir tumpahan minyak yang mengalir dan menggenangi kawasan perkebunan itu akan membahayakan warga karena pihak Pertamina tidak memberikan garis batas atau papan peringatan,” ujarnya

Sementara itu, hingga berita di tayangkan  Legal and Relation Manager PT Pertamina Asset 1, belum bisa dikonfirmasi terkait berita tersebut. (Kahar)