Pemanfaatan Yoghurt Terhadap Kesehatan

33.048 dilihat

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Yoghurt adalah salah satu jenis minuman hasil fermentasi susu oleh bakteri asam laktat yang memiliki khasiat bagi kesehatan dan pengobatan tubuh.

Khasiat yoghurt diperoleh dengan adanya bakteri yoghurt dan tingkat keasamannya yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen dalam saluran pencernaan. Bakteri yang umum digunakan dalam proses pembuatan yoghurt adalah Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Kedua bakteri tersebut juga bisa dikombinasikan dengan Lactobacillus acidophilus (Tamime and Robinson, 2007). Menurut Standar Nasional Indonesia (2009) adalah produk yang diperoleh dari fermentasi susu dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus dan atau bakteri asam laktat lain yang sesuai, dengan atau tanpa penambahan bahan pangan lain dan bahan tambahan pangan yang diijinkan.
Kandungan gizi dalam yogurt diantaranya yoghurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur yang dikontrol dan kondisi lingkungan, terutama dalam produksi industri. Yoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Yoghurt memiliki lemak sebanyak susu darimana ia dibuat. Karena struktur laktosa yoghurt dirusak, maka yoghurt bisa dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu. Yoghurt kaya dengan vitamin B. Bakteri yang biasa digunakan dalam proses pembuatan yogurth yaitu bakteri Bifidobacterium sp, Lactobacillus sp, Streptococcus thermophiles,dan Lactobacillus bulgarius.
Yogurt dibuat dengan mencampurkan susu matang dengan bakteri, bakteri yang digunakan biasanya dari jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus termophilus. Campuran ini dibiarkan dalam suhu 43-46 derajat celcius selama beberapa jam. Susu mengandung sejenis gula yang disebut laktosa. Bakteri memecah laktosa, lalu mengubah menjadi asam laktat. Zat ini membuat susu mengental dan memberikan rasa asam yang menjadi ciri khas yogurt.
Proses fermentasi makanan sering kali tidak hanya mengubah zat gizi, tapi juga memperkaya dan meningkatkan kualitasnya. Beda dengan susu, mengonsumsi segelas yogurt sebanyak 100 gram dapat memberikan tubuh Anda kandungan gizi sebagai berikut.
Energi: 52 kkal
Protein: 3,3 gram
Lemak: 2,5 gram
Karbohidrat: 4 gram
Vitamin A: 22 miligram
Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram
Riboflavin (vitamin B2):0,1 miligram
Niasin (vitamin B3): 0,2 miligram
Kalsium: 120 miligram
Fosfor: 90 miligram
Zat besi: 0,1 miligram
Natrium: 40 miligram
Kalium: 299 miligram
Zinc: 0,6 miligram
Pandangan di masyarakat tentang yoghurt, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, menjadikan ide di masyarakat dalam pemasaran online berdasarkan pemanfaatan olahan dari yoghurt tersebut dan merupakan pusat informasi jajanan anak sekolah. Selain itu juga mengembangkan peluang usaha, pengetahuan masyarakat tentang yoghurt tersebut.
Adapun Pro dan Kontra yoghurt dikalangan bayi menurut ahli Dr. dr. Samuel Oetoro MS,SpGK selaku dokter gizi mengatakan :
Pro : bisa dikonsumsi oleh bayi dari umur 6 bulan tetapi dengan bakteri Lactobacillus Bulgaricus.
Kontra : yoghurt tidak boleh dikonsumsi dibawah umur 6 bulan dikarenakan pencernaan bayi masih lemah yang akan mengakibatkan penyakir diare pada bayi tersebut. Yoghurt ada juga yang tidak boleh dikonsumsi di umur 6 bulan seperti adanya bakteri selain bakteri baik untuk usia tersebut seperti bakteri yang tidak baik pada yoghurt yaitu Lactobacillus Rhamnosus.
Manfaat kesehatan dari yogurt adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini terjadi ketika probiotik mengubah flora usus dan mengurangi respons sistem kekebalan yang dapat memperburuk penyakit. Manfaat kesehatan lain dari yogurt adalah mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Susu rendah lemak yang mirip dengan yogurt diyakini dapat menormalkan tekanan darah jika dikonsumsi secara teratur. Yoghurt juga bisa menjadi makanan yang enak saat Anda sedang diet. Produk susu fermentasi ini jelas merupakan camilan yang tepat untuk saat-saat ketika perut Anda tiba-tiba terasa lapar, meski jauh sebelum jam makan berikutnya. Makanan ini terbukti lebih mengenyangkan dan bergizi dibanding makanan ringan lainnya.

Advertisement

Manfaat lain dari yogurt bagi keseatan tubuh adalah sebagai sumber protein. Kandungan yang ada pada yogurt merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Protein yang baik untuk membantu tubuh dalam pertumbuhan dan perbaikan pada sel tubuh. Jika anda sampai kekurangan kadar protein pada tubuh, efeknya anda akan keilangan massa otot, susah berpikir, dan juga kulit tidak sehat. Selain itu, yogurt juga baik untuk pencernaan karena jika anda mengalami masalah dalam pencernaan maka coba konsumsi yogurt. Sebab, yogurt juga memiliki kandungan probiotik yang mampu mengatasi masalah pencernaan.
Tidak hanya manfaat dalam yogurt, yogurt juga memiliki kekurangannya. Kekurangan yoghurt bagi kesehatan, yoghurt biasanya mengandung sejumlah kalori dan gula yang tidak sedikit. Itu sebabnya, alih-alih menjaga tubuh tetap sehat, terlalu banyak makan yoghurt justru bisa menambah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, kalori yang Anda peroleh dalam sehari bisa melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, Asupan gula yang berlebihan kerap dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, kelebihan berat badan, hingga penyakit jantung.

Nama Universitas : Universitas Garut
Nama Dosen : Wiwit Yuli Lestari, M.Pd
Nama Mahasiswa : Iskandar Kanta Dinata
Ikna Nurma’rifat

Nisah Angraeni

Runi Nurdiana

Advertisement