32 Tahun Bertugas Kepala Puskesmas Telang Jaya Ingatkan Bahaya DBD

2.057 dibaca
Kepala Puskemas Telang jaya ketika memeriksa tedmon warga bersama tim di Desa Sumber Mulya

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN- Wabah penyakit yang ada di Indonesia bukan hanya Virus Corona, namun juga ada DBD atau Penyakit Demam berdarah, agar wabah DBD di musim penghujan saat ini tidak berkembang biak, Maizo Kepala Puskemas Telang Jaya melakukan kunjungan di wilayah kerjanya sekaligus sosialisasi pencegahan jentik-jentik nyamuk yang ada di sekitar masyarakat Desa Sumber Mulya.

“Bagi masyarakat semua , mari kita jaga lingkungan dari jentik-jentik nyamuk berbahaya, dengan mencari sarang nyamuk untuk memutus rantai penularan penyakit DBD di Desa Sumber Mulya, Kecamatan Muara Telang, Ucapnya. Senin, 28/12/20.

Advertisement

Dikatakannya, Untuk mencegah wabah DBD di sekitar, masyarakat bisa melakukan beberapa pola sehingga bakal nyamuk bisa lenyap dan tidak berkembang biak.

” Kita bisa melakukan langkah-langkah tepat untuk memutus rantai penyebaran jentik-jentik nyamuk, seperti membersihkan saluran air dari sampah, dan mengalirkan air yang tersumbat, kemudian gunkan kelambu ketika tidur, selain dari itu kita bisa melakukan Fogging, kita berikan anjuran untuk segera melakukan 3 M, menguras, menutup,mengubur. Agar telur dan jentik nyamuk tidak Iagi berkembang biak. “Ujarnya.

Dirinya Mengatakan selama 32 tahun beliau bertugas di daerah perairan baru kali ini ada kasus DBD di wilayah perairan.

“Semula kami kurang yakin bahwa itu demam yang di sebabkan nyamuk Aedes. karena nyamuk ini tidak mau di air parit keruh. Akhirnya beberapa pasien kami rujuk ke RS di Palembang ternyata di benarkan bahwa pasien tersebut terkena DBD, (Demam Derdarah Dengue ) dengan kejadian ini kami bersama tim dari Puskesmas, Camat, Anggota DPRD Drs Nurwahid mendatangi langsung tempat kejadian wabah tersebut di Desa Sumber Mulya untuk melihat langsung sumber nyamuk ini biasa tinggal di sini”. Imbuhnya.

“Setelah kami periksa dari rumah kerumah warga ternyata setiap rumah warga ada tedmon bantuan Pemerintah katanya dengan ukuran 2000 liter air untuk penampuangan air hujan. Dan satu persatu kami periksa hampir semua terdapat jentik jentik tempat berkembang biaknya nyamuk ini. Jadi kami menyarankan supaya tempat penampungan air tsb segera di bersihkan. Untuk melakukan 3 M. ” pungkasnya.

Bagaimana Menurut Anda?