Antoni Liando: Jangan Sampai Mudik Bawa Penyakit

3.162 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN- Keputusan Pemerintah pusat memangkas cuti bersama akhir tahun selama tiga hari. semula libur 11 hari menjadi delapan hari. Serta ditetapkannya aturan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan selama libur natal dan tahun baru melalui surat edaran satgas covid 19. No 03 tahun 2020, Ternyata tidak menghentikan niat para pemudik untuk berpergian. Bahkan arus mudik sudah nampak menjelang penetapan pemerintah.

Pantauan di sepanjang jalan lintas timur Palembang – Jambi sudah banyak kendaraan pribadi berpelat luar sumatera melintas. Bahkan, arus lalu lintas di hari Minggu yang biasanya lengang, namun pada Minggu 20 Desember 2020 menjadi padat merayap dipenuhi para pemudik dari luar pulau Sumatera.

Advertisement

Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Banyuasin Drs Anthony Liando SSos MSi mengakui adanya peningkatan volume arus kendaraan yang masuk ke sumatera khususnya yang melintas ke wilayah kabupaten Banyuasin.

“Memang sudah terasa sejak Sabtu dan Minggu kemaren”. Kata Anthony Liando dikantornya Rabu (22/12/20).

Menurut Antoni para pemudik yang saat ini melakukan perjalanan itu mayoritas adalah bukan karyawan suasta dan ASN, sebab jika kalangan pekerja suwasta, Pemerinta, BUMN, maupun ASN mulai cuti bersama akhir tahun adalah tanggal 24 Desember hingga 28 Desember 2020. Dan Pada hari Senin serta Selasa kembali bekerja seperti biasa. “ibur lagi pada tangga 30 Desember hingga 04 Januari 2021”, ucapnya.

Antoni memprediksi arus mudik akan terus mengalir hingga menjelang malam tahun baru. Dan puncak arus mudi akan terjadi sekitar tangga 24, 25 dan 27 Desember 2020.

Dalam mengantisipasi, sambung Antoni, pemerintah kabupaten Banyuasin telah menyiapkan 4 pos yang siap melayani masyarakat termasuk para pemudik.

Empat pos itu, Kata Antoni, berada di kecamatan Talang Kelapa, pangkalan balai, Betung dan Rambutan.

Antoni berpesan kepada para pemudik untuk tetap mentaati protokol kesehatan, dengan harapan, usai arus mudik tidak terjadi peningkatan jumlah yang terken covid-19

“Tetap pake masker , jaga jarak dan rajin cuci tangan, Kalo bisa jangan dulu salam-salaman. Sehingga tidak sampai mudik bawa penyakit”. tukasnya

Bagaimana Menurut Anda?