Ponpes Gelar Pawai Ta’aruf Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440H Bersama Siswa dan Ribuan Warga

1.092 dibaca

BUANA INDONESIA.C0.ID, MUBA- Ribuan warga desa Sukamaju kecamatan Babat Supat kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan siswa yang berasal dari Anak Usia Dini (PAnUD), Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Lanjutan mengikuti kegiatan pawai Taaruf untuk menyambut datangnya tahun baru Islam  1 Muharam 1440 Hijriah, selasa   (11/09/2018), yang dibuka langsung oleh Danramil  401-01 Sungai Lilin Kapten infantri M Yamin.

Pawai dimulai dengan peserta menyusuri Ruas Jalan Lintas Timur Palembang-Jambi (START) dari depan Rumah   Makan  Pagi sore Km 102  dan Finish didepan rumah makan Yuk SU    Km   105      desa Sukamaju kecamatan Babat Supat, sambil bersalawat dan menyebut asma Allah di iringi group Marching Band dari  SMAN 1 Babat Supat.

Berbagai kostumpun dikenakan, mulai    dari    pakaian       muslim, pakaian        seragam       Sekolah, Pramuka dan pakaian Pencak Silat sambil membawa spanduk bertuliskan     ” Selamat Tahun    Baru Hijriyah 1 Muharram 1440 H” didampingi para guru dan orang tua, mereka berjalan dengan penuh semangat dan antusias.

Pawai ini   menjadi bagian dari sosialisasi dan edukasi bagi siswa dan masyarakat. Sebab masyarakat lebih mengenal kalender dan tahun baru masehi saja, sedangkan tahun baru Islam jarang diperingati, ungkap salah satu guru yang mendampingi siswa siswinya.

Enurit menerangkan, 1 Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. “Tahun ini, tahun baru Islam jatuh pada hari selasa 11 september 2018  Bulan  Muharam,” jelasnya..

Sementara, Kepala  desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat  Ayatullah Komeny  AMd Saat dibincangi media ini mengucapkan banyak terima kasih, “Semoga dengan acara ta’aruf yang digelar hari ini bisa menyemarakkan tahun baru Islam yang sudah banyak dilupakan oleh kaum muda islam, ” tandasnya.

Bagaimana Menurut Anda?