Rakornas LPPL Se- Indonesia Pertama Resmi Dibuka

2.609 dibaca
Bupati Banyuasin H Askolani SH MH. memukul Gong tanda dibukanya Rakornas LPPL Se- Indonesia di Banyuasin
Bupati Banyuasin H Askolani SH MH. memukul Gong tanda dibukanya Rakornas LPPL Se- Indonesia di Banyuasin

BUANAINDONESIA.CO.ID,BANYUASIN – Rapat Koordinasi LPPL Radio Se-Indonesia Tahun 2018, diselenggarakan Selasa 09 Oktober 2018 dimulai pukul 09.35 Wib s.d 10.40 Wib di Graha Sedulang Setudung Pemkab Banyuasin Komplek Perkantoran Jalan Lingkar Sekojo Pangkalan Balai Provinsi Sumatera Selatan.

Didampingi Ketua Pelaksana Erwin Ibrahim, ST. MM. MB, Bupati Banyuasin H. Askolani Jasi, SH. MH. Terlihat hadir Prof. Eduar Juliartha (Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Sumatera Selatan), Prof. Dr. Heri Subiakto (Staf Ahli materi Bidang Hukum Kemkominfo), Ir. Eddy Santoso (Ketua Asosiasi Dinas Kominfo Indonesia), La Kamis, SH. MH (Kejari Banyuasin), Irian Setiawan, SH. M.si (Ketua DPRD), Letkol Arh Alfian Amran ST. MM, (Dandim 0430/Banyuasin), AKBP Yudi Surya Markus Pinem SIK (Kapolres Banyuasin), Dr. Ir. H. Firmansyah, M.sc (Sekda Banyuasin), Ka. OPD dan seluruh Peserta Rakornas LPPL Se-Indonesia sekira 200 Orang.

Kegiatan itu diselenggarakan sesuai dengan Peraturan Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran, Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2005 Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik dan Peraturan Mentri Komunikasi dan Informatika No. 28/P/M/ Kominfo/09/ 2008 Tentang Tatacara dan Persyaratan Perizinan Penyelenggaraan Penyiaran.

Sedangkan kegiatan tersebut diselenggarakan yang bertemakan “Kita Wujudkan Kualitas Siaran LPPL Radio dan Mempererat Silaturahmi Antar LPPL Radio Se-Indonesia Dengan Semboyan Mengudara Bersinegertas di Dalam Menjaga NKRI”.Secara simbolis penyematan Tanda Pesrta secara Simbolis diwakili oleh Deswita Linda dari LPPL Luhak Nan Tuo Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat dan M. Rizal dari LPPL Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung dengan diawali Pemukulan Gong Bupati Banyuasin

Dalam sambutannya Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI mengajak untuk meningkatkan integritas bangsa, “apa lagi sudah banyak media yang bekerja secara Makrien karena tekanan Kompetisi media. oleh karena itu, peluang LPPL mengemban tanggung jawab sosial mencerdaskan sekaligus integrasikan masyarakat bukan semata dorongan krusial di sisi lain LPPL lembaga penyiaran publik lokal.” ucapnya.

LPPL juga harus merespon dan mengadakan adaptasi perkembangan teknologi konvergensi agar terus meningkatkan diri kepada kaum muda milenial yakni di tahun 2005

“dari merekalah LPPL akan terus maju di sisi lain LPPL bisa berpartisipasi mewariskan nilai-nilai budaya dan bangsa kepada mereka yang kelak akan mengurus bangsa ini akhirnya kami mengucapkan lembaga penyiaran publik untuk kali ini kiranya dapat sesuatu yang Optimal.” ujarnya.

Gubernur Sumatra Selatan dalam sambutannya yang di wakili oleh Asisten lll pada intinya bahwa Siaran Radio menjangkau wilayah yang sangat luas

“semakin kuat pemeranya, semakin jauh jangkauan sebagai media komunikasi yang semakin diperlukan oleh masyarakat dan radio memiliki tiga kekuatan penting, “katanya.

Dikatakannya, Mobilitas tinggi radio biasanya membawa pendengarannya kemana-mana sambil tetap beraktivitas di suatu lokasi, “Realitas radio mengiringi pendengaran ke dalam kenyataan dengan suara-suara aktual dan Radio menyajikan informasi dan petunjuk secara cepat bahkan secara langsung.” tukasnya.

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH.MH dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para perwakilan LPPL Seluruh Indonesia di Banyuasin. “Pada kesempatan yang baik ini saya atas nama pemerintah kabupaten banyuasin mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada perwakilan kementerian kominfo yang telah hadir staf ahli materi bidang hukum kemkominfo Bapak Prof Dr. Heri Subiakto ketua asosiasi dinas kominfo indonesia Bapak Ir. Eddy Santoso.”ucapnya.

Dirinya mengajak semua tamu yang berkecimpung didunia radio untuk terus semangat serta meningkatkan kualitas. “Saya menyadari bahwa tantangan radio di era globalisasi semakin berat namun kita harus tetap semangat dan berupaya untuk melakukan inovasi agar tidak terkikis zaman dan Radio memainkan peran penting karena tidak semua daerah indonesia yang terjangkau oleh media cetak, televisi dan internet selain itu radio juga memberikan arti penting bagi perkembangan dunia “.Ujarnya.

Dirinya berharap, dengan adanya LPPL di Banyuasin, dapat mengedukasi masyarakat yang mendengarkan siaran yang disajikan. “Dengan dilaksanakannya Rakornas ini saya berharap dapat mewujudkan formulasi baru yang inovatif agar lembaga penyiaran publik lokal (LPPL) radio se-indonesia dapat berbagi ilmu dan pengetahuan di dalam mewujudkan dunia penyiaran, Pada kesempatan yang berbahagia ini pula diadakan Rapat koordinasi LPPL Radio Se-Indonesia bertujuan untuk menyamakan Visi dan Misi saling bekerja sama dalam menyampaikan informasi antara sesama LPPL Se-Indonesia” katanya.

Bagaimana Menurut Anda?