Swadaya, Masyarakat Bedah Rumah Janda Beranak Empat

3.570 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUBA- Masyarakat bergotong royong membangun rumah baru untuk keluarga Hasnah (55) yang beralamat di Dusun Kebun kelapa Rt 03 Rw 01 Kelurahan Sungai Lilin Kecamatan Sungai Lilin  Kabupaten Musi Banyuasin ( Muba).

Bedah rumah ini dilakukan pada Jumat (07/02/2020) sekira pukul 09.00 WIB. Itu dilakukan karena, kondisi rumah Hasanah sudah tidak layak huni. atap rumah pada bocor, dinding terlepas,  sangat rapuh dan tiang-tiang rumah banyak yang keropos. bahkan, nyaris roboh.

Advertisement

Dengan inisiatif warga yang di motori oleh tokoh masyarakat, Sri Pajen yusup. sebelumnya bersama sama warga mengutip sumbangan kepada seluruh masyarakat dusun Kebun Kelapa Rt 03/Rw01 secara seikhlas hati, berjalan selama beberapa bulan. Sehingga terkumpul dari kutipan sumbangan masyarakat tersebut, melainkan masyarakat yang menyumbangkan rezeki nya secara pribadi langsung kepada Janda beranak 4 tersebut.

Pantauan Buanaindonesia.co.id, Masyarakat Kebun Kelapa Rt 03/Rw 01 Kelurahan Sungai Lilin terlihat sangat antusias dalam pembangunan bedah rumah Hasanah, mereka tak menyangka warga dusun Kebun Kelapa bisa kompak dalam kegiatan sosial ini, dan perlu di ingat ini murni dari swadaya masyarakat tanpa ada bantuan dari pemerintah Kelurahan Sungai Lilin Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin ( Muba).

“Ini membuktikan bahwa kami bisa berbuat untuk dusun kami tanpa ada bantuan pemerintah /Kelurahan dan bukan berarti kami tidak mau mengharapkan keperdulian dari pemerintah /Kelurahan ,karena masih ada rumah warga dusun kebun Kelapa yang layak di bedah sehingga layak huni, ” kata Sri Pajen yusup.

Hal senada dikatakan Lurah Sungai Lilin Hendri, SH. bahwa mengenai bedah rumah yang sedang dilakukan ini memang murni swadaya masyarakat, sebelumnya pernah juga ini di mintakan kepada pemerintah/Lurah , tapi itu belum terealisasi sampai sekarang, apa lagi di dusun Kebun Kelapa ini belum pernah tersentuh bantuan dan pembangunan baik itu dari dana desa (DD) dan pembangunan dari Pemkab Muba .

“Saya selaku Tokoh Masarakat mengharapkan supaya dianggarkan untuk dusun kebun kelapa ditahun ini, dimana kalau progaram bedah rumah selalu di tunggu – tunggu oleh warga dusun kebun kelapa ini jadi besar maka harapan dusun kebun kelapa kelurahan Sungai Lilin ini di jadikan prioritas pembangunan pada anggaran tahun 2020 nanti.

Pada kesempatan yang sama, Tokoh pemuda dari Desa Pinang Banjar Banhar Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin kepada Media menuturkan bahwa pada hari ini harus bisa melihat saudara kita yang saat ini membutuhkan uluran tangan dari kita, saya memiliki harapan yang besar kepada pemerintah daerah ataupun pemerintahan /Kelurahan untuk bisa melihat masyarakat yang kurang mampu, sehingga dikatakan sejahtera apabila masyarakat daerah itu bisa memiliki tempat huni yang layak dan memiliki pekerjaaan yang tetap sehingga ia dapat menghidupi kebutuhan diri dan keluarganya.

“Kemudian saya berharap dengan hadirnya media Buanaindonesia.co.id juga dapat membantu program pemerintah daerah,dengan adanya pemberitaan ini bisa mengetuk pintu hati para dermawan dan pengusaha yang berada di wilayah Kecamatan Sungai Lilin ,minimalnya media menyampaikan Undang Undang mengenai fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara,” tutupnya (khahar).

Bagaimana Menurut Anda?