Wacana Penggantian Buku Nikah ke Kartu, ini Tanggapan KUA Banyuasin

4.348 dibaca
Kepala Urusan Agama Banyuasin III. Saibi, S. Ag.
Kepala Urusan Agama Banyuasin III. Saibi, S. Ag.

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN – Wacana Kementerian agama mengganti bentuk buku nikah menjadi kartu seperti bentuk E-KTP, disambut baik oleh Kepala Urusan Agama Banyuasin III. Saibi, S. Ag.

Diruang kerjanya, Saibi mengatakan pihaknya akan segera merealisasi wacana penggantian buku nikah menjadi kartu seperti bentuk E-KTP tersebut. menurutnya, hal tersebut dinilai positif bagi pemiliknya. “Kita dari KUA Banyuasin III menyambut baik wacana Menag untuk merubah bentuk buku nikah menjadi kartu seperti KTP, kita tinggak menunggu realisasinya saja” ucap, Saibi. S. Ag, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu. (5/12/18).

Dirinya menambahkan, perubahan bentuk buku nikah yang diwacanakan oleh Menag tidak mempengaruhi buku nikah yang lama. “Itu tidak berpengaruh, dan masih berlaku bila digunakan untuk membuat dokumen anak seperti akta kelahiran dan urusan lain, jadi bagi pemilik buku nikah tidak usah risau” katanya.

Ketika ditanya, KUA Banyuasin III sejauh ini sudah berapa banyak melayani proses pernikahan , dirinya mengatakan untuk jumlah pernikahan diwilayah Banyuasin III terbilang rendah “Kalau untuk pernikahan di KUA kita yang sudah tercatat semenjak 3 bulan kepemimpinan saya, masih terbilang rendah, sekitar 20 pasang pengantin” ujarnya.

Dirinya menambahkan, rendahnya tingkat pernikahan di KUA Banyuasin III menurutnya karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. “Rendahnya tingkat pernikahan di kecamtana Banyuasin III ini kemungkinan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, faktor ekonomi masyarakat, dan tingkat usia para remaja, sebab kita juga selalu memberikan himbauan kepada para remaja dan orang tua saat menghadiri kegiatan keagamaan untuk tidak melakukan pernikahan dini (Usia dini -red) yang usia pernikahan sudah diatur oleh UU Pernikahan”. imbuhnya.

Bagaimana Menurut Anda?